Find Us On Social Media :

Beli Tiket di KAI Access, Pengguna Bluebird Bisa Sekalian Pesan Taksi ke Stasiun

By Liana Threestayanti, Senin, 30 Agustus 2021 | 22:12 WIB

Setelah menghadirkan layanan Last Mile, kolaborasi PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT Blue Bird Tbk kini memprsembahkan layanan First Mile bagi pengguna aplikasi KAI Access. 

Kolaborasi ini sekaligus menjadi integrasi multi moda transportasi pertama di Indonesia yang meliputi integrasi layanan hingga ke sistem pembayaran.

Melalui kolaborasi terbaru ini, saat memesan tiket kereta api melalui aplikasi KAI Access, masyarakat kini dapat  menambahkan layanan taksi Bluebird (pada menu pilihan Layanan) sebagai moda transportasi penjemputan dari lokasi awal ke stasiun keberangkatan. Sebelumnya pada 16 September 2020, KAI dan Bluebird memperkenalkan layanan Last Mile atau transportasi dari stasiun kedatangan hingga ke lokasi tujuan.

Tingkatkan Aksesibilitas dan Kenyamanan

Dalam rilisnya, kedua perusahaan menyatakan keyakinannya bahwa semakin luasnya jangkauan dari kerja sama ini akan meningkatkan aksesibilitas, kemudahan, dan kenyamanan mobilitas bagi masyarakat pengguna transportasi massal. Kerja sama ini juga disebut kedua perusahaan sebagai wujud nyata peningkatan kualitas layanan transportasi darat melalui kolaborasi transformasi digital kedua perusahaan.

“Jadi ini kolaborasi dan sinergi yang sangat luar biasa di mana Bluebird sebagai pemain utama taksi dan KAI sebagai pemain utama kereta api berkolaborasi, bersinergi, dalam memberikan value kepada para pelanggan kita,” komentar Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero), Didiek Hartantyo.

Ia juga berharap, sinergi KAI dan Bluebird terus melahirkan inovasi-inovasi untuk memperluas fitur-fitur layanan yang telah tersedia dalam aplikasi KAI Access guna memberikan kenyamanan, kepercayaan, serta keselamatan kepada para pelanggan.

 “Saya yakin dan optimis pandemi ini akan segera bisa diatasi oleh pemerintah sehingga masa the new normal akan segera tiba, dan layanan transportasi akan kita tumbuhkan. Ini sejalan dengan visi KAI yaitu Menjadi Solusi ekosistem transportasi terbaik untuk Indonesia. Di mana dalam membangun ekosistem kami akan terus berkolaborasi dengan moda transportasi yang lain dan yang paling utama adalah layanan Taksi Bluebird ini,” tutup Didiek.

Fitur Fixed Price

Direktur Niaga KAI Dadan Rudiansyah mengungkapkan, KAI menjalin kerja sama dengan Bluebird karena tidak hanya karena Bluebird merupakan perusahaan taksi terbesar di Indonesia, tapi juga merupakan perusahaan tepercaya dalam pengelolaan transportasi taksi.

“Harapannya dengan kolaborasi ini masyarakat akan semakin nyaman dan mudah untuk mencapai tujuan bertransportasi. Diharapkan juga animo masyarakat semakin meningkat untuk menggunakan layanan KAI dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai kebijakan pemerintah,” tutur Dadan.

Sementara itu, Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, Sigit Djokosoetono mengungkapkan, “Keberlanjutan kerjasama ini merupakan bentuk sinergi yang kuat antara pihak BUMN dan Swasta untuk mendukung pertumbuhan dan peningkatan kualitas layanan transportasi massal di Indonesia. Kolaborasi ini kami yakini mampu menghadirkan layanan terintegrasi yang dapat diandalkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan mobilitas dengan jarak tempuh antarkota maupun provinsi.”