Find Us On Social Media :

Beli Tiket di KAI Access, Pengguna Bluebird Bisa Sekalian Pesan Taksi ke Stasiun

By Liana Threestayanti, Senin, 30 Agustus 2021 | 22:12 WIB

Setelah menghadirkan layanan Last Mile, kolaborasi PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT Blue Bird Tbk kini memprsembahkan layanan First Mile bagi pengguna aplikasi KAI Access. 

Kolaborasi ini sekaligus menjadi integrasi multi moda transportasi pertama di Indonesia yang meliputi integrasi layanan hingga ke sistem pembayaran.

Melalui kolaborasi terbaru ini, saat memesan tiket kereta api melalui aplikasi KAI Access, masyarakat kini dapat  menambahkan layanan taksi Bluebird (pada menu pilihan Layanan) sebagai moda transportasi penjemputan dari lokasi awal ke stasiun keberangkatan. Sebelumnya pada 16 September 2020, KAI dan Bluebird memperkenalkan layanan Last Mile atau transportasi dari stasiun kedatangan hingga ke lokasi tujuan.

Tingkatkan Aksesibilitas dan Kenyamanan

Dalam rilisnya, kedua perusahaan menyatakan keyakinannya bahwa semakin luasnya jangkauan dari kerja sama ini akan meningkatkan aksesibilitas, kemudahan, dan kenyamanan mobilitas bagi masyarakat pengguna transportasi massal. Kerja sama ini juga disebut kedua perusahaan sebagai wujud nyata peningkatan kualitas layanan transportasi darat melalui kolaborasi transformasi digital kedua perusahaan.

“Jadi ini kolaborasi dan sinergi yang sangat luar biasa di mana Bluebird sebagai pemain utama taksi dan KAI sebagai pemain utama kereta api berkolaborasi, bersinergi, dalam memberikan value kepada para pelanggan kita,” komentar Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero), Didiek Hartantyo.

Ia juga berharap, sinergi KAI dan Bluebird terus melahirkan inovasi-inovasi untuk memperluas fitur-fitur layanan yang telah tersedia dalam aplikasi KAI Access guna memberikan kenyamanan, kepercayaan, serta keselamatan kepada para pelanggan.

 “Saya yakin dan optimis pandemi ini akan segera bisa diatasi oleh pemerintah sehingga masa the new normal akan segera tiba, dan layanan transportasi akan kita tumbuhkan. Ini sejalan dengan visi KAI yaitu Menjadi Solusi ekosistem transportasi terbaik untuk Indonesia. Di mana dalam membangun ekosistem kami akan terus berkolaborasi dengan moda transportasi yang lain dan yang paling utama adalah layanan Taksi Bluebird ini,” tutup Didiek.

Fitur Fixed Price

Direktur Niaga KAI Dadan Rudiansyah mengungkapkan, KAI menjalin kerja sama dengan Bluebird karena tidak hanya karena Bluebird merupakan perusahaan taksi terbesar di Indonesia, tapi juga merupakan perusahaan tepercaya dalam pengelolaan transportasi taksi.

“Harapannya dengan kolaborasi ini masyarakat akan semakin nyaman dan mudah untuk mencapai tujuan bertransportasi. Diharapkan juga animo masyarakat semakin meningkat untuk menggunakan layanan KAI dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai kebijakan pemerintah,” tutur Dadan.

Sementara itu, Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, Sigit Djokosoetono mengungkapkan, “Keberlanjutan kerjasama ini merupakan bentuk sinergi yang kuat antara pihak BUMN dan Swasta untuk mendukung pertumbuhan dan peningkatan kualitas layanan transportasi massal di Indonesia. Kolaborasi ini kami yakini mampu menghadirkan layanan terintegrasi yang dapat diandalkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan mobilitas dengan jarak tempuh antarkota maupun provinsi.”

Sigit menambahkan bahwa keberlanjutan kolaborasi ini turut menghadirkan fitur Fixed Price yang menawarkan harga pasti di setiap perjalanan bersama Bluebird. “Kami ingin berbagi pengalaman bepergian terbaik bagi pengguna setia Bluebird dan KAI lewat fitur Fixed Price.

Melalui fitur ini pengguna layanan KAI Access mendapatkan pengalaman perjalanan dengan tenang bersama kami mulai dari titik awal keberangkatan menuju stasiun tujuan awal dan dari stasiun tujuan akhir menuju titik akhir perjalanan dengan tarif pasti dari Bluebird,” tegas Sigit.

Cara Pemesanan Layanan First Mile

Sebagai informasi, pemesanan layanan First Mile dan Last Mile di aplikasi KAI Access ganya bisa dilakukan untuk layanan Kereta Api Jarak Jauh. Pemesanan dapat dilakukan bersamaan dengan atau terpisah dari pemesanan tiket kereta apinya.

Untuk memesan layanan tambahan taksi yang dilakukan bersamaan dengan tiket kereta, pengguna cukup memilih layanan tambahan taksi melalui menu “Taksi” di halaman Rincian Pemesanan.

Jika dilakukan terpisah dari pemesanan tiket kereta, pengguna harus terlebih dulu memilih kode booking tiket kereta yang akan ditambahkan layanan First Mile dan Last Mile. Lalu pada halaman Detail Tiket pilih menu “Layanan” dan selanjutnya pilih menu “Taksi”.

Pada kerja sama ini, para pengguna KAI Access dapat menikmati fitur Fixed Price dari Bluebird yang dijanjikan akan memaksimalkan kenyamanan saat bepergian. Fitur Fixed Price memberikan skema harga pasti kepada para pengguna, terlepas dari situasi di jalanan yang tidak menentu, termasuk macet sehingga memberikan ketenangan ekstra dari perjalanan first mile maupun last mile hingga tempat tujuan.

Saat ini layanan First Mile dan Last Mile tersebut sudah dapat digunakan untuk stasiun keberangkatan dan kedatangan yaitu Gambir, Pasar Senen, Bandung, Semarang Tawang, Semarang Poncol, Yogyakarta, Surabaya Gubeng, dan Surabaya Pasar Turi. Jumlah stasiun yang melayani akan ditambahkan  secara bertahap.