Find Us On Social Media :

Review Lenovo ThinkPad E14 Gen 2: Desain Klasik untuk Pebisnis

By Dayu Akbar, Selasa, 14 September 2021 | 18:00 WIB

Lenovo ThinkPad E14 Gen 2.

Seri ThinkPad merupakan lini laptop dari Lenovo yang ditujukan untuk pebisnis maupun profesional yang mobile. Bagi pebisnis yang sering bekerja dari mana saja, laptop ini dirancang dengan dimensi ringkas dan bobot ringan. Punya ketebalan 1,79 cm dan berat 1,59 kg, Lenovo ThinkPad E14 Gen 2 yang kami uji cukup nyaman dibawa bepergian dan gampang dimasukkan ke dalam tas.

Salah satu ciri khas dari seri ThinkPad yang tidak berubah adalah dari sisi tampilan maupun desain. Lenovo masih mengusung desain klasik yang dibalut dengan bodi polos minimalis dengan dominasi warna hitam.

Begitu pula saat laptop dibuka terlihat pula ciri khas lain yang selalu disematkan pada seri ThinkPad, yaitu dengan hadirnya trackpoint warna merah di tengah-tengah area kibor. Trackpoint memang berguna sebagai pengganti mouse dan memiliki pengalaman yang berbeda dibanding menggunakan touchpad.

Selain bodi, desain klasik juga terlihat dari bentuk touchpad serta trackpoint yang menjadi ciri khas seri ThinkPad.

Meski ringan dan ringkas, bodi laptop yang menggunakan bahan aluminium ini sudah mendapatkan sertifikasi standar militer. Artinya Lenovo ThinkPad E14 Gen 2 kuat dan mampu bertahan digunakan dalam kondisi ekstrem sekalipun.

Layarnya menggunakan panel IPS berukuran 14 inci. Layar ini ditopang dengan engsel berukuran panjang yang fleksibel sehingga memungkinkan layar bisa dibuka sampai kemiringan 180°. Untuk menghindari pantulan cahaya, layarnya sudah dilengkapi dengan fitur antiglare. Punya desain klasik, bezel layarnya terlihat standar yaitu tidak tipis seperti laptop-laptop kekinian. Namun, tidak bisa juga dibilang tebal.

Seperti biasa, pada bezel atas ditempatkan webcam dengan resolusi 720p yang sudah mumpuni untuk rapat daring. Seperti seri ThinkPad lainnya pula yang menambahkan fitur keamanan, Lenovo menyertakan fitur yang memungkinkan agar webcam bisa dimatikan. Hal itu bisa dilakukan melalui aplikasi yang disertakan yaitu Lenovo Vantage.

Sebagai laptop bisnis yang mengutamakan keamanan dan privasi, Lenovo menyematkan sensor sidik jari yang ditempatkan pada tombol power.