Find Us On Social Media :

Jurnal ID vs MYOB Accounting, Mana Aplikasi Akuntansi UKM Lebih Baik?

By Adam Rizal, Jumat, 17 September 2021 | 17:30 WIB

Jurnal

Aplikasi pada masa sekarang banyak digunakan untuk membantu kerja banyak orang. Aplikasi yang diluncurkan sekarang ini dirancang memiliki banyak keunggulan dalam pengaplikasiannya. Walau tidak memungkinkan terkadang masih ada sedikit kekurangan dari suatu aplikasi tersebut. Tetapi penggunaan dari aplikasi ini sudah banyak sekali digunakan oleh banyak orang pada zaman sekarang ini.

Aplikasi ini disediakan dalam bentuk yang banyak dan unik. Variasi aplikasi yang diciptakan ini sangat banyak sekali jenisnya. Ada yang berbentuk aplikasi keuangan, aplikasi pembantu , aplikasi belajar, aplikasi games dan jenis lainnya yang bentuknya sangat banyak sekali. Bentuk-bentuk dari aplikasi ini biasanya bervariatif dan sangat unik menyesuaikan dengan kebutuhan dari para penggunanya.

Aplikasi pembantu yang dibahas kali ini merupakan jenis aplikasi akuntansi UKM. Aplikasi ini sangat mudah ditemukan dalam google play store. Dan pengunduhan aplikasi ini kedalam perangkat tautan sejenis android dan iPhone juga sangat mudah sekali. Aplikasi yang dimaksud adalah Jurnal by Mekari dan MYOB Accounting.

Kedua aplikasi ini dapat diunduh secara gratis pada perangkat tautan pengguna. Didalam aplikasi ini juga menyediakan fitur pembelian dalam aplikasi. Aplikasi ini memiliki fungsi utama dalam hal membantu pengguna terkait dengan akuntansi ukm. Biasanya aplikasi ini digunakan untuk memudahkan pekerjaan penggunanya dengan harapan pekerjaan akan lebih cepat selesai.

Kedua aplikasi ini sama-sama memiliki rating yang baik oleh pengguna. dan aplikasi ini sama-sama memiliki fungsi dalam hal pengelolaan keuangan perusahaan. Oleh karena itu biasanya suatu perusahaan sebelum memutuskan untuk menggunakan suatu aplikasi biasanya akan mempertimbangkan terlebih dahulu mana yang lebih baik. Pertimbangan tersebut meliputi kemudahan dalam penggunaannya dan kenyamanan penggunanya.

Adapun beberapa aplikasi akuntansi ukm yang memiliki rating yang baik dari penggunanya dan banyak digunakan oleh beberapa perusahaan yang bergerak di bidang industri ukm diantaranya ada Jurnal ID dan MYOB Accounting. Kedua aplikasi sama-sama memiliki fungsi utama yang sama yaitu mengatur keuangan perusahaan. Adapun perbedaan yang dapat kita lihat dari kedua aplikasi ini diantaranya :

1. Perbedaan ukuran aplikasi

Pada kedua jenis aplikasi ini menyediakan ukuran aplikasi yang berbeda. Perbedaan ukuran aplikasi ini tidak jauh tetapi biasanya akan mempengaruhi pertimbangan pengguna yang ingin mencari bantuan aplikasi akuntansi UKM. Pada aplikasi Jurnal ID menyediakan ukuran aplikasi yang hanya sebesar 39 MB sedangkan MYOB Accounting menyediakan ukuran aplikasi yng bervariasi berdasarkan perangkatnya. Dilihat dari sisi ukuran aplikasi, Jurnal ID lebih unggul dengan menyediakan ukuran aplikasi yang sangat kecil sehingga sangat mudah ditautkan dengan perangkat android jenis apapun. Sedangkan pada aplikasi MYOB Online menyediakan ukuran aplikasi yang tidak tetap yang disesuaikan berdasarkan jenis perangkat tautannya dibandingkan aplikasi Jurnal ID. Perbedaan ini biasanya akan menjadi pertimbangan bagi pengguna baru yang akan mencoba menggunakan bantuan aplikasi akuntansi UKM sejenis ini.

2. Login masuk mudah

Untuk para pengguna baru biasanya akan membutuhkan akun masuk yang baru. Akun masuk tersebut terlebih dahulu didaftarkan pada masing-masing akun. Pada Jurnal ID untuk pengguna baru pada saat mendaftar biasanya akan meminta data pengguna seperti email, kata sandi , dan nama perusahaan. Begitu juga pada aplikasi MYOB Online untuk pengguna baru saat mendaftar pada aplikasi ini diminta data berupa data pengguna, email, kata sandi, dan nama perusahaan. Jika dilihat dari sisi mendaftar akun baru kedua aplikasi ini sama-sama memberikan kemudahan karena hanya dengan menginput data pengguna selama beberapa menit kemudian akun langsung akan diverifikasi oleh aplikasi lewat email pengguna.

3. Perbedaan fitur aplikasi

Untuk aplikasi pada penggunaan android masing-masing aplikasi menyediakan fitur-fitur aplikasi yang berbeda. Pada aplikasi Jurnal ID tampilan fitur-fitur aplikasi terdiri dari overview, cash and bank, credit card, products, warehouse, dan purchase invoice. Pada aplikasi Jurnal ID tampilan fitur-fitur aplikasi disajikan dengan tampilan dari atas aplikasi dengan bentuk horizontal. Jadi aplikasi ini akan menampilkan fungsi dari setiap fitur dalam bentuk daftar ke bawah. Sedangkan pada aplikasi MYOB Online fitur-fitur aplikasi disediakan dalam bentuk logo fitur yang berbentuk kubus.

Jika dilihat dari setiap fitur-fitur yang disajikan kedua aplikasi ini maka fitur-fitur pada aplikasi Jurnal ID lebih mudah dimengerti oleh para penggunanya karena setiap fitur akan langsung menampilkan isi dari fitur tersebut tanpa perlu diklik lagi. Sedangkan pada aplikasi MYOB tampilan fitur-fitur aplikasi disajikan dalam kotak-kotak logo yang akan menampilkan isi fitur apabila logo fitur diklik oleh pengguna baru fitur akan menampilkan isi dari fitur tersebut. Walaupun tampilan seperti itu memberikan kesan sederhana tetapi tampilan seperti ini biasanya agak memakan waktu ketika digunakan dibandingkan dengan tampilan fitur langsung seperti yang disajikan aplikasi Jurnal ID.