Find Us On Social Media :

Nih Daftar Fitur Terbaru WhatsApp dan Cara Mudah Menggunakannya

By Adam Rizal, Sabtu, 18 September 2021 | 16:00 WIB

Ilustrasi WhatsApp tips and trik

WhatsApp selalu menggulirkan fitur-fitur terbarunya untuk menambahkan pengalaman pengguna sekaligus memanjakannya.

Berikut daftar fitur-fitur terbaru WhatsApp dan cara menggunakannya:

1. Voice Note

Kali ini WhatApp sedang menyiapkan fitur baru kemampuan transkrip untuk pesan suara (voice note) di WhatsApp versi iOS.

Menurut WABetaInfo, fitur itu dapat mengubah pesan suara menjadi teks sehingga pengguna bisa mengetahui isinya tanpa perlu memutarnya terlebih dahulu. Selama ini fitur voice note memang berguna ketika pengguna ingin mengirim pesan tapi sedang tak memungkinkan untuk mengetiknya secara langsung.

Mirip software transkrip otomatis Otter.ai dan Google Recorder, fitur yang disiapkan WhatsApp ini akan mengubah isi voice note ke dalam teks. Fitur transkrips voice note ini nantinya bersifat opsional sehingga pengguna bisa memilih untuk mengaktifkannya atau tidak.

Cara mengaktifkannya via iPhone, pengguna harus memberikan izin WhatsApp untuk mengakses fitur Speech Recognition.

Izin tersebut akan muncul sebagai jendela pop-up. Di situ tertera informasi bahwa data suara yang diterima dari WhatsApp ini akan dikirimkan ke Apple, untuk ditindaklanjuti (ditranskrip).

Selain itu, tertulis data yang dikirimkan dari fitur transkrip voice note WhatsApp ini juga akan membantu Apple untuk meningkatkan teknologi pengenalan suaranya (speech recognition).

Pengguna akan diberikan opsi "OK" untuk melanjutkan transkrip pesan suara, atau "Don't Allow" bila tak ingin mengaktifkannya. Bila pengguna memilih "OK", maka pengguna akan diarahkan ke jendela "transkrip". Di situ, pengguna bisa melihat hasil transkrip dari voice note miliknya berdasarkan stempel waktu.

Saat pesan ditranskrip untuk pertama kali, teksnya akan disimpan secara lokal di database WhatsApp, sehingga tidak perlu ditranskrip lagi jika pengguna ingin melihatnya lagi di kemudian waktu,

WhatsApp juga mengklaim, fitur transkripsi voice note ini dilindungi oleh sistem keamanan enkripsi ujung-ke-ujung (E2EE). Maka secara teori, voice note tak bisa diintip oleh pihak selain si penerima dan pengirim pesan.