Find Us On Social Media :

Sampingan: Lima Strategi Pemasaran Bisnis yang Efektif untuk Gaet Pelanggan

By Rafki Fachrizal, Senin, 20 September 2021 | 15:15 WIB

Ilustrasi Strategi Pemasaran Bisnis

Dari sekian aspek dalam bisnis, marketing alias pemasaran menjadi salah satu aspek penting yang harus dilakukan dengan tepat.

Setiap pelaku usaha dituntut untuk memahami strategi memasarkan produk dan layanannya agar bisnis yang dijalankan dapat berkembang baik dan pesat.

Dalam kondisi pandemi COVID-19 seperti saat ini yang utamanya di mana perilaku masyarakat berubah, bisnis akan didorong untuk beradaptasi dan menyesuaikan dengan keadaan.

Untuk itu, dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat sehingga tidak hanya dapat menggaet pelanggan tetapi juga mempertahankannya.

Maria Britta selaku Head of Business Field Marketing dari startup Sampingan, mengungkapkan “Di era digital saat ini, strategi pemasaran dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya memanfaatkan platform digital. Akan tetapi, perlu diingat bahwa beberapa produk dan layanan akan lebih tepat jika dipasarkan dengan secara konvensional dan memanfaatkan aktivitas offline dibandingkan dengan online.”

“Untuk itu, kita harus mengetahui target market serta layanan dan produk yang kita tawarkan terlebih dahulu sebelum memasarkannya ke pelanggan,” tambah Maria.

Lebih lanjut, menurut Maria ada lima strategi efektif yang dapat dilakukan oleh pelaku bisnis untuk memasarkan produk dan layanannya guna menggaet pelanggan.

1. Berikan Strategi Pemasaran yang Bervariatif

Tak hanya terpaku pada satu jenis strategi marketing, strategi yang variatif dapat membantu sebuah bisnis untuk menggaet hingga mempertahankan pelanggan.

Strategi pemasaran yang berulang mungkin saja sudah tidak efektif bagi pelanggan lama, tetapi bisa gencar dilakukan untuk pelanggan baru.

“Pelaku usaha harus jeli memetakan target audiencesnya, misalnya dapat mengirim newsletter dan email marketing bagi pelanggan secara umum, dan email khusus yang dipersonalisasi bagi pelanggan loyal,” kata Maria.

2. Manfaatkan Media Sosial dengan Baik

P;atform media sosial tidak hanya berfungsi untuk mempromosikan sesuatu saja, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk memperluas jaringan bisnis.