Find Us On Social Media :

Tiga Perusahaan Ini Rasakan Manfaat Solusi Kolaborasi dari Lark

By Dayu Akbar, Rabu, 22 September 2021 | 16:30 WIB

Lark hadirkan berbagai alat untuk kolaborasi pada satu tempat.

Diakui atau tidak, model kerja WFH (Work From Home) yang telah berjalan beberapa tahun belakangan ini memiliki beberapa keunggulan dari sisi individu. Mulai dari berkurangnya perjalanan pulang pergi, lebih banyaknya waktu yang tersedia bersama keluarga, hingga lingkungan kerja yang lebih aman. Namun bagaimana dengan manfaat yang lebih luas bagi tim, grup, atau bahkan bagi seluruh perusahaan?Untuk memanfaatkan tren WFH ini, banyak perusahaan akhirnya mengubah praktek manajemen sekaligus meningkatkan sistem Teknologi Informasi (TI), termasuk menentukan aplikasi mana yang digunakan untuk kolaborasi dan komunikasi. Lark, aplikasi kolaborasi berbasis cloud, telah membangun platform all-in-one yang dirancang untuk menghadirkan kolaborasi tanpa batas, memahami bahwa perusahaan sering kali membutuhkan solusi aplikasi yang lebih tangguh untuk memanfaatkan keuntungan WFH yang dinamis di semua jenjang organisasi di perusahaan.

Baca Juga: Lark Hadirkan Peningkatan Terbaru Pada Lima Fitur Ini. Apa Saja?Salah satu start-up teknologi kesehatan terkemuka di Indonesia, KlikDokter, ikut merasakan manfaat yang dihadirkan melalui solusi dari Lark.Untuk menjawab kebutuhan yang meningkat tajam, KlikDokter beralih ke platform komunikasi dan kolaborasi all-in-one untuk mengkoordinasikan semua kebutuhan mulai dari jadwal dokter hingga produksi materi edukasi yang informatif serta manajemen inventarisasi. Lark menyediakan platform terpadu dan menyatu untuk KlikDokter yang memungkinkan berbagai divisi dalam organisasi mereka untuk bekerja sama dengan mulus.

Nathaniel Adi Putra, Wakil Presiden KlikDokter untuk Akses Pasar, menjelaskan bahwa "Lark membawa solusi dinamis pada kolaborasi kami yang tidak dapat ditandingi oleh aplikasi lama. Kami sangat senang dengan kondisi dimana semua kebutuhan produktivitas tim kami ditangani oleh satu platform."

Baca Juga: Lark Tegaskan Bisa Membantu Memaksimalkan Potensi KolaborasiBegitu pula dedngan Diamond Food, perusahaan produsen dan distributor makanan lokal dan impor, yang juga merasakan manfaat dari Lark. Sebelumnya, sebanyak 7.000 karyawan perusahaan mengandalkan email dan platform komunikasi pribadi untuk berhubungan satu sama lain sementara itu rapat-rapat sering kali dilakukan secara tatap muka yang membutuhkan adanya aktifitas perjalanan.Dengan menggunakan platform Lark, Diamond Food kini mengandalkan email dan konferensi video yang aman untuk menyatukan tim yang tersebar di seluruh negeri. Dua fitur Lark, yaitu Approval (Persetujuan) dan Attendance (Kehadiran), membantu memberikan manajemen kemampuan untuk melakukan pengawasan yang dinamis terhadap kondisi di lapangan. Konektivitas yang tercipta melalui aplikasi bergerak Lark yang tangguh juga menguntungkan tim untuk terhubung dan berkolaborasi dari mana saja.

Baca Juga: Mau Lakukan Video Conference? Baca Dulu Etiquette 101 dari Lark Tidak ketinggalan pula dengan Twiscode, perusahaan teknologi yang berbasis di Surabaya. Mereka juga telah mengembangkan perangkat lunak dan aplikasi seluler kelas dunia untuk klien kenamaan seperti Mandiri Sekuritas, OCBC NISP, Xendit dan L'Oreal, salah satu alasan utama menggunakan aplikasi kolaborasi adalah karena tingkat efisiensi yang sangat tinggi.Untuk melayani pelanggan dengan lebih baik dan untuk mengurangi inefisiensi di antara tim yang terdiri dari 60 orang, Twiscode beralih ke platform kolaborasi dan komunikasi Lark yang tangguh. Untuk komunikasi perusahaan, Lark Messenger dan Video Conferencing telah menjadi sarana default dimana Lark Docs digunakan untuk membuat risalah rapat, melacak tugas-tugas dan memastikan aktifitas tindak lanjut.Untuk lingkungan kerja seperti Twiscode yang berfokus pada pengembang, Fitur Group Announcement dan Pin sangat berguna, yang memungkinkan staf untuk melacak rilis perangkat lunak terbaru dan mencari informasi penting dalam setiap proyek. Kapasitas penyimpanan cloud Lark yang besar juga sangat bermanfaat bagi Twiscode, sehingga memungkinkan tim untuk bekerja sepenuhnya di sistem cloud.