Find Us On Social Media :

Dua Belas Tips untuk Seller Shopee Supaya Jualannya Lebih Optimal

By Rafki Fachrizal, Senin, 4 Oktober 2021 | 19:45 WIB

Dua Belas Tips untuk Seller Shopee Supaya Jualannya Lebih Optimal.

Sebagai salah satu platform marketplace yang saat ini banyak digunakan masyarakat di tanah air, tak heran bila banyak pebisnis (yang sebelumnya hanya memiliki toko offline maupun pebisnis baru) yang tertarik untuk membuka toko online di Shopee.

Merujuk data yang dihimpun iPrice, pada kuartal II (Q2) 2021 Shopee adalah marketplace yang menduduki peringkat kedua yang memiliki pengunjung atau visitor web bulanan terbanyak di Indonesia, setelah Tokopedia.

Bagi pebisnis, tentunya menjaring banyak pembeli dari platform Shopee bisa menjadi peluang untuk mendapatkan penghasilan yang tinggi.

Namun agar toko online pebisnis yang ada di Shopee dapat berjualan secara optimal, sebenarnya ada beberapa tips yang bisa diterapkan. Berikut ini beberapa tips tersebut:

1. Pasang Harga Kompetitif

Saat mencari sebuah produk di platform marketplace, jika Anda memosisikan diri sebagai pembeli, tentunya akan mencari toko yang menjual produk yang Anda cari tersebut dengan harga yang murah tapi dengan kualitas terbaik.

Anda bisa terapkan mindset (pola pikir) itu di dalam toko Anda di Shopee. Pikirkan secara matang harga produk yang ingin Anda jual apakah sudah kompetitif dan bisa bersaing dengan harga produk serupa yang ditawarkan toko lainnya.

Intinya, pastikan harga produk yang Anda tetapkan tidak kemahalan atau kemurahan, yang nantinya bisa membuat calon pembeli ragu berbelanja di toko Anda.

2. Informasi Produk yang Lengkap

Ketika menggunggah setiap produk yang ingin Anda jual di Shopee, pastikan sudah mengisi seluruh informasi produk dengan lengkap dan akurat.

Jangan lupa, pasanglah foto produk yang jelas dengan berbagai sudut pengambilan detail dari produk tersebut.

Sebagai saran, ketika menulis nama produk berilah nama produk yang terstruktur: Merek + Model Produk + Spesifikasi + Ukuran.

Selain itu, di bagian deskripsi tulislah penjelasan mengenai produk secara informatif. Anda bisa menjelaskan spesifikasi, kegunaan, dan garansi produk dengan kata yang dikemas secara menarik.

3. Perbanyak Variasi Produk

Bisa memilih banyak variasi dari suatu produk yang dicari merupakan salah satu hal yang disukai calon pembeli.

Oleh karena itu, perbanyaklah variasi produk yang toko Anda jual dengan berbagai macam warna dan ukuran.

Semakin banyak dan lengkap variasi produk, akan lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan pembeli tentunya.

4. Naikkan Produk

Dengan memanfaatkan fitur ‘Naikkan Produk’ di Shopee, Anda dapat membuat produk yang Anda jual tampil di hasil pencarian teratas, dan meningkatkan kesempatan produk akan dilihat oleh lebih banyak pembeli. Fitur ini sendiri dapat digunakan hingga 5 produk, selama 4 jam sekali.

Untuk menaikkan produk melalui aplikasi, caranya masuk ke aplikasi Shopee > klik Saya > Toko Saya > scroll ke bawah > pilih produk > klik Naikkan Produk.

Untuk menaikkan produk melalui Seller Centre (via website Shopee), klik ‘Produk Saya’ > pilih produk > klik ikon dengan 3 titik di sebelah pojok kanan bawah produk > klik ‘Naikkan Produk’.

5. Kejar Menjadi Star Seller

Dengan menjadi Star Seller, bisa membuat toko Anda semakin dikenal banyak pengguna Shopee dan berpotensi meningkatkan pendapatan.

Untuk menjadi Star Seller, ada beberapa syarat yang diberlakukan Shopee yaitu penilaian toko lebih dari 4.5, memiliki persentase chat dibalas lebih dari 70% (selalu bisa merespon live chat dengan cepat), jumlah transaksi minimal 30 pesanan atau pendapatan bersih, dan memiliki lebih dari 10 pembeli berbeda di bulan sebelumnya, tidak memiliki poin penalti, tidak ada aktivitas mencurigakan, dan menjual produk yang dilarang.

Nah dengan mengejar jadi Star Seller, toko Anda nantinya bisa lebih terlihat dibanding toko-toko lainnya yang tidak memiliki tanda Star Seller.

6. Perbanyak Followers (Pengikut)

Shopee memiliki fitur follow (ikuti) layaknya yang tersedia di media sosial seperti Instagram dan Twitter. Buat ajakan untuk pengunjung atau pembeli untuk meng-follow toko Anda supaya terlihat memiliki followers yang banyak.

Hal ini tentunya akan membuat pengunjung baru atau pembeli yang ingin membeli produk di toko Anda merasa yakin dan mengurangi keraguan mereka. Banyaknya followers juga menunjukan bahwa toko Anda dipercayai oleh orang-orang.

Di awal membuat toko di Shopee, sebaiknya salah satu fokus Anda yaitu meningkatkan jumlah followers terlebih dahulu.

7. Flash Sale

Di platform Shopee, ada salah satu fitur yang disukai penggunanya yaitu Flash Sale. Fitur ini merupakan penjualan produk yang dilakukan dalam waktu singkat dengan harga yang telah mendapatkan potongan harga atau diskon.

Untuk meningkatkan transaksi di toko Anda, bisa memanfaatkan program Flash Sale ini. Program Flash Sale ini dapat dilihat oleh semua pengguna Shopee. Sehingga mengikuti program ini bisa menjadi salah satu strategi yang tepat untuk mendatangkan pembeli baru.

8. Daftar Gratis Ongkir

Bisa mendapatkan gratis ongkir ketika berbelanja merupakan salah satu hal yang paling disukai banyak pembeli di Shopee saat ini.

Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan mengandalkan fitur Gratis Ongkir Xtra yang disediakan Shopee.

Cara mengaktifkan fitur ini, masuk ke aplikasi Shopee di smartphone Anda, pilih menu Gratis Ongkir Xtra di Halaman Utama > Pilih menu ‘Semua Gratis Ongkir’, scroll sampai ke bawah dan klik ‘Daftar Sekarang’. Lengkapi pendaftarannya dan pengajuan Gratis Ongkir akan diproses.

9. Buat Voucher Toko

Semua orang pasti suka yang namanya diskon/promosi ketika berbelanja. Nah, untuk menarik banyak pembeli Anda bisa menghadirkan diskon/promosi di berbagai produk yang Anda jual di Shopee lewat fitur ‘Voucher Toko’.

Untuk mengaktifkan fitur ini, klik bagian ‘Promosi Saya’, lalu pilih ‘Voucher Toko Saya’ dan klik ‘Buat Voucher Baru’ untuk membuat voucher toko via Seller Centre.

Klik Saya > Toko Saya > Promosi Saya > Voucher untuk membuat voucher toko via aplikasi.

10. Shopee Iklanku

Di Shopee, selain melakukan push produk secara gratis (namun terbatas), pemilik toko juga menggunakan fitur iklan berbayar bernama Shopee Iklanku untuk melakukan push produk guna meningkatkan penjualan.

Fitur ini memiliki banyak sekali keunggulan seperti bisa menempatkan produk Anda di posisi teratas halaman hasil pencarian di Shopee, menjangkau pembeli yang tertarik dengan produk Anda dengan menargetkan kata kunci tertentu, dan menempatkan toko Anda di posisi teratas halaman hasil pencarian di Shopee.

Pemasangan iklan tidak akan dikenakan biaya apa pun. Anda hanya perlu membayar ketika pembeli mengklik iklan di toko Anda. Biaya iklan mulai dari Rp250 hingga Rp12 ribu untuk setiap klik dan jenis iklannya.

11. Respon dengan Cepat

Pembeli sangat menyukai toko di marketplace yang memiliki pelayanan yang cepat. Cepat di sini yaitu dalam membalas chat maupun cepat dalam memproses produk yang mereka pesan.

Jadi, sebisa mungkin jangan membuat pembeli menunggu lama dan membuat mereka beralih ke toko lain.

Selalu utamakan kepuasan pembeli, karena kepuasan mereka mempengaruhi reputasi toko Anda melalui ulasan-ulasan yang mereka berikan. Jangan sampai ada penilaian buruk dari pembeli karena pelayanan Anda yang kurang cepat.

12. Promosi Toko Anda ke Media Sosial

Gunakan media sosial, seperti Instagram dan Facebook, untuk memperkenalkan atau mempromosikan secara luas toko online yang Anda miliki.

Posting produk-produk yang Anda jual dan jangan lupa ajak pengikut media sosial Anda untuk mengunjungi toko online Anda lewat sebuah link khusus.

Dalam hal ini, Anda bisa tampilkan link toko online yang dimiliki di bio media sosial. Sehingga calon pembeli dapat lebih mudah mengakses toko online Anda.

Baca Juga: Mudah, Ini Cara Bikin Akun Toko Sampai Bisa Berjualan di Shopee