Find Us On Social Media :

Hands-on Lenovo Yoga Slim 7 Carbon (14ACN6): Ringan, OLED, dan Cip AI

By Cakrawala, Senin, 18 Oktober 2021 | 10:00 WIB

Lenovo Yoga Slim 7 Carbon.

Pada Tech World 2021 yang baru lalu, Lenovo menampilkan sejumlah produk baru. Salah satunya adalah laptop Yoga Slim 7 Carbon, seperti yang InfoKomputer sampaikan di sini. Nah, belum lama ini Lenovo memberikan kesempatan kepada InfoKomputer untuk mencoba Yoga Slim 7 Carbon secara singkat. Namun, Lenovo Yoga Slim 7 Carbon (14ACN6) bersangkutan belum merupakan produk final. Dengan kata lain, pengalaman hands-on yang penulis gambarkan akan Lenovo Yoga Slim 7 Carbon belum tentu serupa dengan versi retail yang akan tersedia di pasar Indonesia nantinya. Meskipun begitu, pengalaman yang dimaksud sewajarnya bisa memberikan gambaran akan Lenovo Yoga Slim 7 Carbon.

Oh ya, berhubung belum merupakan produk final, Lenovo meminta penulis untuk tidak melakukan pengujian menggunakan peranti lunak pengujian yang biasa InfoKomputer gunakan. Oleh karena itu, penulis tidak melakukan pengujian singkat menggunakan salah satu atau lebih peranti lunak yang dimaksud. Alhasil tidak terdapat pula satu atau lebih angka hasil pengujian pada hands-on ini.

Bodi

Lenovo Yoga Slim 7 Carbon memiliki bobot ringan dan bodi yang ringkas.

Pertama yang segera menonjol adalah bobot dan dimensi dari Lenovo Yoga Slim 7 Carbon (14ACN6). Ketika penulis mengangkat dan memegangnya, laptop 14 inci berwarna Cloud Grey ini terasa ringan dan ringkas. Lebih ringan dari laptop 13,3 inci yang biasa penulis bawa di ransel saat berpergian. Dimensinya pun tidak terasa lebih besar dari laptop 13,3 inci tersebut meski ukuran diagonal layarnya lebih panjang. Lenovo Yoga Slim 7 Carbon hadir dengan bobot 1,1 kg dan dimensi 32,1 x 22,3 x 1,49 cm. Bobot dan dimensi Lenovo Yoga Slim 7 Carbon yang dimaksud membuat laptop bersangkutan nyaman untuk dibawa bepergian.

Seperti namanya, Lenovo menyebutkan bodi Yoga Slim 7 Carbon yang menggunakan magnesium alloy diperkuat oleh serat karbon pada titik-titik kritikalnya. Ketika penulis mencoba untuk membengkokkan bodi Lenovo Yoga Slim 7 Carbon, bodi tersebut terasa cukup kokoh alias tidak ringkih. Jadi, meski ringan dan ringkas, pengguna Lenovo Yoga Slim 7 Carbon tidak perlu khawatir bahwa laptop ini fisiknya tidak kuat. Apalagi, Lenovo menegaskan Yoga Slim 7 Carbon telah melewati sembilan pengujian ketahanan ala milter Amerika Serikat, MIL-STD 810H.

Layar

Lenovo Yoga Slim 7 Carbon menggunakan OLED sebagai layarnya.

Hal lain yang juga segera menarik minat penulis adalah layar OLED yang digunakan Lenovo Yoga Slim 7 Carbon. Lenovo menyebutkan layar Yoga Slim 7 Carbon memiliki color gamut yang luas. Lenovo mengeklaim layar 14 inci itu memiliki color gamut sampai DCI-P3 sebesar 100% dan sampai sRGB sebesar 125%. Menariknya, Lenovo menyebutkan setiap unit Yoga Slim 7 Carbon telah dikalibrasi sehingga masing-masing unit memiliki keakuratan warna yang baik. Lenovo mengeklaim setiap unit Yoga Slim 7 Carbon memiliki Delta E < 2. Terdapat pula X-Rite Color Assistant yang memungkinkan penulis untuk memilih profil warna yang diinginkan. Penulis misalnya bisa memilih sRGB saat bekerja dan memilih DCI-P3 saat menonton film agar Lenovo Yoga Slim 7 Carbon mereproduksi warna secara optimal. Terdapat beberapa profil yang bisa dipilih.