Find Us On Social Media :

Mengenal Strategi Omnichannel Marketing dan Keunggulannya

By Rafki Fachrizal, Jumat, 22 Oktober 2021 | 13:45 WIB

Ilustrasi Belanja Online

Banyaknya saluran pemasaran yang kini tersedia, semakin memperkaya strategi pemasaran yang dapat dilakukan pemilik bisnis sebagai bentuk pendekatan terhadap konsumen.

Setiap harinya, konsumen terpapar beragam konten dari berbagai channel yang ada dengan tingkat intensitas yang berbeda dan menjadikan mereka semakin kritis dalam memilih produk yang akan dibeli.

Melina Marpaung, Senior Executive, Zilingo Indonesia mengatakan, “Sebagai pelaku industri yang telah bekerja sama dengan pelaku UMKM, beradaptasi pada perubahan pola konsumsi konsumen tentunya dapat membuat strategi pemasaran menjadi lebih efektif. Kami percaya bahwa salah satu strategi pemasaran yang dianggap cocok untuk tipe konsumen cerdas masa kini yang mendominasi pasar adalah Omnichannel Marketing.”

Mengenal Omnichannel Marketing

Diambil dari asal kata “Omnis” yang berarti universal, Omnichannel Marketing menggabungkan berbagai saluran komunikasi yang ada untuk menciptakan pengalaman berbelanja yang saling terhubung.

Omnichannel Marketing disebut juga strategi pemasaran lintas platform. Dengan menyelaraskan berbagai channel atau saluran yang ada sehingga konsumen dapat merasakan pengalaman baru yang memenuhi ekspektasi.

Pola konsumsi yang berbeda membuat saluran pemasaran yang digunakan harus terintegrasi satu sama lain.

Hal ini bertujuan untuk memberikan paparan yang konsisten terhadap konsumen. Dengan Omnichannel Marketing, konsumen bisa menemukan, mempelajari, melihat stok, hingga akhirnya membeli suatu produk lewat sebuah skema pemasaran yang dapat diakses dari gadget mereka dengan mudah.

Biasanya saluran yang digabungkan dalam strategi pemasaran ini adalah media sosial, e-commerce serta toko offline atau warehouse.

Transisi yang mulus menjadi kunci utama penerapan Omnichannel Marketing. Setiap saluran harus saling melengkapi dan menjaga agar pengalaman yang tercipta bagi konsumen tetap terasa seamless.

Keunggulan Omni Channel Marketing

Walaupun terlihat mirip karena sama-sama berfokus pada penggunaan beberapa saluran untuk menjangkau konsumennya, Omnichannel Marketing dan Multichannel Marketing ternyata sangat berbeda.

Multichannel Marketing mengacu pada kemampuan memaksimalkan saluran dengan tujuan berinteraksi dengan konsumen serta menjangkau pasar yang berpotensi.