Find Us On Social Media :

12 Tips untuk Seller di Tokopedia Agar Jualan Bisa Lebih Optimal

By Rafki Fachrizal, Senin, 25 Oktober 2021 | 18:30 WIB

Ilustrasi Tokopedia

Tokopedia kini sudah menjadi salah satu platform marketplace yang banyak digunakan para pelaku bisnis di Indonesia yang ingin berbisnis secara online.

Di platform Tokopedia, tercatat sudah ada 9,9 juta pelaku bisnis atau penjual (seller) yang mengembangkan bisnisnya dengan membuka toko online di platform tersebut.

Di tengah ketatnya persaingan bisnis ini, bagi Anda yang berjualan di Tokopedia tentunya penting untuk menerapkan strategi yang baik agar toko online Anda bisa menggaet banyak pelanggan.

Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan pada toko online Anda di Tokopedia agar penjualannya bisa menjadi lebih optimal. Silakan disimak!

1. Branding Toko

Brand atau merek adalah segala sesuatu yang terkait dengan perusahaan, produk, atau layanan, semua atribut, baik yang berwujud maupun tidak berwujud.

Untuk mempertahankannya, sebuah toko online perlu untuk memiliki brand identity yang merupakan komponen visual yang ada membentuk sebuah merek.

Brand identity ini mencakup logo, tipografi, warna, dan juga kemasan. Ini sangat diperlukan agar toko online Anda selalu melekat di pikiran para calon pembeli.

2. Penulisan Nama Produk

Perhatikan dengan teliti setiap penulisan nama produk yang Anda jual. Dengan penulisan nama produk yang baik, maka potensi produk itu ditemukan di halaman pencarian oleh calon pembeli menjadi lebih besar.

Dalam hal penulisan nama produk, ada dua hal yang perlu diperhatikan. Pertama, beri nama produk dengan kata kunci yang sering diketik calon pembeli pada kolom pencarian.

Kedua, berikan nama produk dengan rumus: Jenis/kategori + Merek + Keterangan + Kata Promosi. Berikut contoh penulisan yang benar: Celana Jeans Levi’s Original Bahan Berkualitas.

3. Foto Produk yang Menarik