Find Us On Social Media :

Berusia 11 Tahun, Gojek Diunduh Lebih 190 Juta Kali, Ini Pencapainnya

By Adam Rizal, Jumat, 29 Oktober 2021 | 09:00 WIB

Gojek

Gojek resmi berusia 11 tahun sejak pertama kali hadir pada 13 Oktober 2010. Gojek pun sukses mendapatkan respon positif dari masyarakat dan aplikasinya telah diunduh hingga lebih dari 190 juta kali Juni 2021.

Kevin Aluwi (Co-Founder dan CEO Gojek) mengatakan riset dari Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) memperkirakan kontribusi ekonomi ekosistem digital Gojek dan GoTo Financial (di luar Tokopedia) menjadi 1,6 persen dari PDB Indonesia, atau sekitar Rp 249 triliun di tahun 2021.

"Kontribusi ekonomi ini meningkat 60 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Gojek semakin menjadi andalan masyarakat," kata Kevin.

Riset LD FEB UI juga menyebutkan mayoritas konsumen Gojek tetap loyal karena 86 persen pelanggan tetap memilih layanan Gojek meski sedang tak ada promo. Kevin juga memamerkan capaian lain di ekosistem GoFood, layanan makanan milik Gojek. Saat ini, sudah ada 1 juta mitra usaha kuliner yang memanfaatkan GoFood dan 99 persen di antaranya berskala UMKM. Kemudian, ada 250.000 mitra usaha baru bergabung di GoFood pada 2020. Sebanyak 43 persen dari mereka adalah pengusaha pemula.

Ia melanjutkan, kehadiran GoFood tidak hanya mempermudah pengusaha pemula go-online, tetapi juga mendukung pertumbuhan usahanya. Data internal perusahaan menunjukkan, pendapatan rata-rata bulanan mitra usaha yang baru bergabung ke GoFood pada kuartal dua tahun 2020 tercatat meningkat hingga 7 kali lipat.

"Gojek berkomitmen untuk selalu menghadirkan solusi guna memecahkan masalah yang masyarakat hadapi sehari-hari, sekaligus membantu meningkatkan kualitas hidup jutaan masyarakat pengguna aplikasi Gojek di Asia Tenggara, khususnya di sektor informal dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)," jelas Kevin.

3 Inovasi

Gojek sukses menghadirkan layanan seperti makanan GoFood, transportasi (GoRide dan GoCar), hingga logistik (GoSend). Salah satu inovasi terkini GoFood yang digemari masyarakat adalah fitur GoFood Plus dan Order Sekaligus yang terbukti membuat pelanggan semakin setia dan mengandalkan GoFood.

GoFood Plus merupakan paket berlangganan potongan harga langsung untuk bisa bebas menikmati beragam kuliner dengan harga terjangkau, termasuk diskon ongkos kirim. Fitur ini terus menjadi andalan pelanggan dengan kenaikan jumlah pelanggan GoFood Plus hampir lima kali lipat dari Januari hingga Juni 2021.

Sementara fitur Order Sekaligus memungkinkan pelanggan memesan makanan atau minuman dari banyak resto sekaligus di satu lokasi. Hingga kini, sudah ada 41 lokasi di tujuh kota besar termasuk Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya.

Ekspansi lokasi untuk Order Sekaligus ini meningkat delapan kali lipat sejak diperkenalkan pada September 2020.

Kevin mengatakan, GoFood juga mendorong eksposur merchant UMKM lokal melalui teknologi personalisasi data yang memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan rekomendasi kuliner dari mitra UMKM yang berada di sekitar lokasi pelanggan, sesuai dengan preferensi mereka.