Find Us On Social Media :

Transformasi Digital, Jadi Kunci Perusahaan Menjawab Keinginan Konsumen di Masa Pandemi

By Nana Triana, Kamis, 11 November 2021 | 11:45 WIB

webinar

Perkembangan pandemi Covid-19 di Indonesia terus menunjukan perbaikan. Oleh karena itu, pemerintah mengizinkan sejumlah aktivitas di ruang publik, seperti perkantoran dan lembaga pendidikan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Selain aktivitas masyarakat, kegiatan ekonomi pun mulai pulih kembali secara bertahap. Hal ini ditunjukan dengan meningkatnya kinerja Purchasing Managers Index (PMI) Manufaktur Indonesia yang kembali ke level ekspansif, yakni 52,2 pada September 2021.

Tidak hanya itu, aktivitas penjualan ritel juga menuju level positif dan penjualan kebutuhan sehari-hari masyarakat semakin meningkat. Meski demikian, menurut survei dari perusahaan konsultan manajemen global asal Amerika Serikat (AS) McKinsey & Company, pada Juli 2021, ada sejumlah perubahan perilaku konsumen saat membeli barang kebutuhan.

Di tengah perubahan tersebut, McKinsey menilai bahwa perusahaan perlu melakukan adaptasi dalam melakukan penjualan, pemasaran, dan operasionalnya sesuai dengan perubahan perilaku konsumen.

Baca Juga: Jelang Akhir Tahun, Serangan DDoS Meningkat, Ini Target yang Disasar

Hal tersebut tercermin pada cara masyarakat berbelanja dan mengonsumsi barang. Meskipun pandemi telah membaik, konsumen cenderung lebih memilih berbelanja secara digital melalui platform e-commerce

Tidak hanya itu, frekuensi berbelanja juga cenderung berkurang. Konsumen cenderung memilih untuk berbelanja dalam frekuensi yang lebih jarang, tetapi dengan porsi belanja yang lebih banyak dibandingkan biasanya.

Prioritas konsumen dalam memilih produk pun ikut berubah, sebab pengeluaran tidak wajib atau discretionary spending konsumen mengalami penurunan.

Termasuk dalam hal pembelian produk, konsumen akan cenderung memilih produk-produk dengan merek atau brand yang lebih dipercaya. Bahkan, kesadaran masyarakat untuk mengelola keuangan semakin meningkat. Salah satunya, peningkatan kesadaran untuk mulai berinvestasi.

Kemudian, dalam laporan yang berjudul "How COVID-19 is Changing Behavior-Now and Forever" tersebut menyebutkan, ada sejumlah perubahan terjadi pada cara konsumen mengonsumsi hiburan. Dibandingkan pergi ke bioskop, konsumen kini lebih suka mengonsumsi konten hiburan digital melalui platform streaming.

Baca Juga: IBM Luncurkan Software Berbasis AI untuk Environmental Intelligence

Oleh sebab itu, untuk bersaing di era digital seperti sekarang ini perusahaan harus sejumlah inovasi salah satunya dengan melakukan transformasi digital agar bisa bersaing dan meningkatkan produktivitas perusahaan.