WhatsApp mengumumkan kehadiran fitur baru di aplikasi WhatsApp dan WhatsApp Business yang dijanjikan akan semakin meningkatkan pengalaman pengguna.
Memiliki sekitar dua miliar pengguna aktif di seluruh dunia, WhatsApp masih menjadi salah satu aplikasi instant messaging terpopuler di dunia.
Backlinko.com mencatat, lebih dari 100 miliar pesan dikirim setiap hari lewat WhatsApp. Dan pengguna WhatsApp di perangkat Android menghabiskan waktu 38 menit per hari untuk menggunakan aplikasi perpesanan ini.
India memiliki pengguna aktif bulanan terbanyak yaitu 390,1 juta. Dengan 68,8 juta pengguna, Indonesia berada di peringkat empat dari 10 negara dengan jumlah pengguna terbanyak. Sementara untuk persentase pertumbuhan tertinggi, Indonesia juga berada di posisi ke empat, dengan persentase 15,1 persen
Selama beberapa bulan terakhir WhatsApp menghadirkan beberapa fitur baru yang disebut WhatsApp akan menyediakan pengalaman berkomunikasi maupun berekspresi yang lebih baik.
Editor Media Daring
Saat berkolaborasi, Anda sering kali harus berkomunikasi melalui ponsel dan komputer secara bergantian. Sebelumnya, Anda tidak bisa menyunting gambar yang dikirim melalui WhatsApp Web. WhatsApp kini menambahkan fitur edit media di WhatsApp Web, sehingga Anda dapat dengan mudah mengedit gambar di komputer seperti di ponsel.
Pratinjau Tautan
Percakapan tak jarang dimulai dengan mengirimkan tautan. Pengguna WhatsApp suka berbincang dengan teman mereka tentang apa yang mereka baca, tonton, dan dengarkan secara online.
Untuk itu, WhatsApp kini menawarkan fitur yang memungkinkan pengguna maupun lawan bicara dapat melihat pratinjau dari suatu tautan ketika mengirim atau menerimanya. Dengan demikian, penerima tautan mendapat gambaran tentang apa yang dikirim dan apa yang akan mereka lihat atau baca.
Saran Stiker
Untuk menggunakan stiker di obrolan WhatsApp, Anda biasanya harus mencari stiker yang tepat di beberapa tab. Ini mengganggu alur percakapan Anda dan terkadang Anda tidak dapat segera menemukan stiker yang dicari. Dengan stiker kontekstual, kini menemukan stiker yang akurat menjadi lebih mudah dan cepat.
WhatsApp juga menghadirkan beberapa fitur baru di WhatsApp Business. Fitur ini diharapkan akan semakin memudahkan UKM di Indonesia memaksimalkan penjualan melalui platform WhatsApp.
Puluhan juta pelaku usaha di seluruh dunia menggunakan WhatsApp untuk beroperasi sehari-harinya. Menurut studi terbaru dari Ipsos, 30% pengguna WhatsApp di Indonesia semakin sering menggunakannya untuk berbelanja atau menelusuri produk sejak awal pandemi COVID-19.
"Kami ingin membuat WhatsApp menjadi cara terbaik bagi pengguna untuk berbelanja dan mencari jasa, serta bagi para pelaku usaha untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka," WhatsApp menyatakan dalam rilisnya.
Apa fitur baru yang bisa dimanfaatkan pengguna WhatsApp Business?
Koleksi
Pelanggan kini bisa melihat produk dari sebuah usaha langsung dari profil bisnis WhatsApp usaha tersebut. Hal ini dibuat semakin mudah dengan fitur koleksi, yang memungkinkan UKM untuk mengatur produk di katalog mereka berdasarkan kategori sehingga pelanggan tidak harus menelusuri daftar produk yang panjang untuk menemukan produk yang mereka inginkan.
UKM yang tertarik untuk membuat koleksi dapat mempelajari caranya di sini: https://www.youtube.com/watch?v=4ssYQkqPsmo