Find Us On Social Media :

Ini Tiga Tips Menggunakan Instagram Reels untuk Kebutuhan Bisnis

By Rafki Fachrizal, Minggu, 21 November 2021 | 13:15 WIB

Ilustrasi Fitur Reels di Instagram

Sejak diluncurkan pada pertengahan tahun lalu, fitur Reels di aplikasi media sosial Instagram telah memikat banyak penggunanya.

Terlebih, fitur tersebut dirilis di masa pandemi COVID-19 berlangsung di mana media sosial semakin menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat global. Melalui media sosial, individu maupun komunitas dapat terus terkoneksi di mana pun mereka berada.

Instagram Reels merupakan fitur video terbaru dari Instagram yang memungkinkan pengguna membuat konten selama 15 hingga 60 detik dan dapat diatur sesuai keinginan pengguna seperti penambahan musik, stiker, dan juga teks.

Selain itu, juga ada pilihan untuk menambahkan video yang sudah direkam terlebih dahulu dari perangkat Anda. Pada dasarnya cara kerja Instagram Reels ini mirip dengan TikTok.

Berbicara mengenai hal ini, Melina Marpaung, Country Manager Zilingo Indonesia mengatakan bahwa enggunaan media sosial sudah menjadi bagian terpenting dalam meningkatkan brand awareness dan reach sebuah produk.

“Saat ini para pelaku usaha sudah memiliki banyak sekali pilihan dalam memasarkan produknya secara digital, salah satunya adalah dengan menggunakan fitur Instagram Reels yang berperan dalam strategi pemasaran digital,” jelas Melina.

“Instagram Reels adalah salah satu cara untuk membangun komunitas dan mengembangkan jangkauan audiens Anda di Instagram. Melalui algoritma yang unik, fitur ini sangatlah menarik untuk menarik audiens Anda,” tambah Melina.

Lebih lanjut, Zilingo Indonesia melalui Melina membagikan tips tentang cara menggunakan Instagram Reels untuk meningkatkan performa bisnis, di antaranya:

1. Bagikan konten Edutainment

Konten Edutainment (education entertainment) merupakan cara yang bagus untuk memulai di Reels. Konten-konten seperti: 5 rutinitas perawatan kulit atau 3 rahasia dalam mix & match kain batik hingga cara membuat photo terbaik untuk produk Anda.

Banyak hal baru dan ringan yang dapat dibagikan kepada pengikut Anda yang dapat membantu mereka mempelajari keterampilan baru.

Melina menambahkan, “Dari segi bisnis, konten Edutainment dapat membantu memposisikan Anda sebagai ahli dalam topik tersebut dalam komunitas Anda.”

2. Bagikan Konten BTS (Behind The Scene)