Find Us On Social Media :

Tiga Website Ini Tawarkan Kursus Bahasa Inggris Online Gratis

By Liana Threestayanti, Selasa, 30 November 2021 | 19:00 WIB

Ilustrasi kursus online

Bahasa Inggris masih diakui sebagai bahasa dengan jumlah penutur terbanyak di dunia. Statista mencatat, ada 1,35 milar orang di dunia yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai penutur asli maupun sebagai bahasa kedua (English as a Second Language). Sementara data Ethnologue.com memperlihatkan bahwa Bahasa Inggris digunakan oleh penduduk dunia dari 146 negara. 

Fakta ini menunjukkan pentingnya memiliki kecakapan berbahasa Inggris. Memiliki kecakapan Bahasa Inggris dapat membukakan peluang mendapatkan pekerjaan, mendapatkan beasiswa dari institusi pendidikan di luar negeri, mendukung komunikasi saat kita bepergian ke mancanegara, dan mendorong partisipasi dalam pengembangan profesional. Bahasa Inggris juga dibutuhkan untuk memperkenalkan keanekaragaman budaya bangsa karena Indonesia merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan mancanegara. 

Nah yang menyenangkan, di era digital ini, untuk mempelajari Bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya, Anda tidak perlu beranjak dari rumah. Bahkan Anda bisa belajar tanpa membayar biaya kursus. Yang dibutuhkan hanyalah koneksi internet, waktu, dan kemauan. Ya, Anda bisa kursus secara online.

Berikut adalah tiga situs web yang menyelenggarakan kursus Bahasa Inggris secara online, asynchronous (Anda dapat belajar kapan saja), dan gratis. Para penyedia layanan ini menyelenggarakan kursus tak berbayar maupun layanan premium. Dan yang menarik, pembelajaran online ini menerapkan metode gamifikasi, sehingga pengguna memperoleh pengalaman belajar yang berbeda. 

Duolingo

Ingin kursus Bahasa Inggris online dan gratis? Duolingo adalah salah satu alternatif yang menarik. 

Duolingo menerapkan model freemium sehingga pengguna dapat mengakses aplikasi maupun website untuk belajar bahasa secara gratis. Namun perusahaan yang didirikan oleh dua computer scientist, Luis von Ahn dan Severin Hacker, ini juga memiliki layanan premium yang memungut biaya. Selain menawarkan kursus bahasa berbasis web dan aplikasi mobile, Duolingo juga menyediakan jasa digital language proficiency assessment. 

Duolingo tidak hanya menawarkan kursus Bahasa Inggris. Sampai dengan bulan Juni, menurut data Wikipedia, ada 106 kursus dalam 40 bahasa ditawarkan oleh Duolingo. Bahkan di antaranya ada Bahasa Klingon (versi Beta) dan High Valyrian, dua bahasa yang diciptakan untuk kisah fiktif. 

Untuk memulai kursus, Anda harus menentukan bahasa yang akan dipelajari. Karena artikel ini hanya akan mengulas tentang kursus Bahasa Inggris, maka kita akan memilih bahasa tersebut. Untuk bisa menemukan Kursus Bahasa Inggris di duolingo.com, Anda harus mengubah site language ke Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar. Lalu klik pilihan kursus Bahasa Inggris. Selanjutnya, jika Anda adalah siswa pemula, klik Dasar 1. Atau jika Anda merasa sudah memiliki dasar-dasar berbahasa Inggris, klik Tes Penempatan. 

Jika memulai dari Dasar 1, Anda bisa langsung mempelajari materi di level tersebut. Materi disajikan dalam bentuk mendengarkan (listening), menerjemahkan, melengkapi kalimat dan percakapan, serta mengucapkan (speaking). Setiap unit materi terdiri dari beberapa tingkatan (level) dan tiap level terdiri atas beberapa pelajaran yang harus Anda pelajari. Namun Anda bisa melompat ke tingkatan (level) yang lebih tinggi dengan melewati tes. Namun untuk versi web, pengguna harus mengikuti Tes Tak Terbatas melalui Duolingo Plus yang berbayar.

Setelah menyelesaikan sejumlah materi dan akan beranjak ke skill baru, Anda harus mengikuti semacam assessment  (atau tantangan) yang dinamai Checkpoint. 

Untuk menyimpan progress belajar, Anda harus membuat dan melengkapi profil terlebih dulu. Anda juga bisa mengatur target harian (Edit Target) yang oleh Duolingo dibagi ke dalam kelompok target (Dasar, Santai, Biasa, Serius, dan Hebat). Target bisa diubah pengguna kapan saja. Pencapaian