Find Us On Social Media :

Dukungan Kesehatan Mental menjadi Sebuah Keharusan Dalam Bisnis

By Cakrawala, Rabu, 8 Desember 2021 | 22:00 WIB

Ilustrasi Carsome.

Penulis: Benjamin Koellmann (Chief Operating Officer Carsome)

 

Kita hidup di zaman yang belum pernah terjadi sebelumnya, di mana bekerja dari rumah dan terisolasi dari teman-teman serta keluarga untuk jangka waktu yang lama telah menjadi sebuah norma. Dua tahun terakhir membutuhkan penyesuaian yang cukup banyak; pekerjaan dan kehidupan pribadi bercampur-aduk dan saling terkait, dan kita semua harus bisa menyeimbangkan kebutuhan pribadi/keluarga dengan menyelesaikan deadline dan pekerjaan yang makin banyak.

Sebagai manusia, kita adalah makhluk sosial. Kita senang saat ada bersama orang lain dan interaksi sosial sangat penting untuk kesehatan psikologis dan fisik. Saat karyawan mulai bekerja secara jarak jauh (WFH - work from home) dikarenakan pandemi COVID-19, ekspektasi terhadap pekerjaan tetap sama, atau bahkan makin tinggi karena beberapa bisnis sedang berjuang untuk bisa bertahan maupun bisnis lain berusaha untuk memanfaatkan kesempatan pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya akibat perubahan perilaku konsumen.

Carsome memahami bahwa masa ini bisa jadi tantangan bagi anggota tim kami, terutama mereka yang perlu mengurus keluarga. Karena itu, kami mengadakan inisiatif Self-care Month (Bulan Kepedulian Diri) sepanjang bulan Oktober yang lalu, sejalan dengan peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia pada tanggal 10 Oktober. Berikut adalah beberapa hal yang dilakukan para Carsomers dengan semangat #CarsomeCares.

Menormalisasi Diskusi Seputar Kesehatan Mental

Isu kesehatan mental sudah tidak asing bagi karyawan di seluruh tingkat organisasi. Berdasarkan berita dari berbagai sumber, lebih banyak orang telah melaporkan paling tidak satu gejala kondisi kesehatan mental selama setahun terakhir. Kami ingin para Carsomers merasa diberdayakan dalam meminta bantuan jika mengalami masalah atau kesulitan. Kami menjadwalkan berbagai pembicaraan seputar kesehatan mental selama bulan Oktober untuk meningkatkan kesadaran memberikan pencerahan seputar topik kesehatan mental yang relevan dan dapat bermanfaat bagi kita semua.

Anggota tim kami adalah tulang punggung Carsome dan mereka telah menjadi bagian penting dalam pertumbuhan bisnis kami hingga bisa menjadi seperti sekarang ini. Kami ingin membantu mereka sebisa mungkin, terutama terkait kesehatan mental.

Dukungan Kesehatan Mental

Satu hal penting yang telah kita pelajari dari pandemi COVID-19 adalah berubahnya dukungan kesehatan mental dari hal yang “baik untuk dilakukan” menjadi sebuah keharusan dalam suatu bisnis. Selain obrolan dan percakapan, kami ingin memperluas dukungan menjadi sesuatu yang lebih nyata. Karena itu, kami bekerja sama dengan Doctor Anywhere dalam menyediakan Mental Health Self-Assessment Tool bagi para Carsomers untuk menilai diri dan mengenali tanda-tanda kecemasan.