Find Us On Social Media :

Transformasi Digital Jadi Kunci Sukses Kelola Pemerintahan dan Bisnis

By Adam Rizal, Kamis, 16 Desember 2021 | 20:49 WIB

Di era saat ini, yang ditandai dengan hadirnya Industri 4.0, Pandemi COVID-19 dan Kenormalan Baru, transformasi digital bukan lagi menjadi pilihan, namun sudah menjadi keharusan bagi institusi pemerintahan dan korporasi bisnis.

Secara sederhana, transformasi digital dapat diartikan sebagai optimalisasi pemanfaatan Teknologi Informatika (TI) dalam pengelolaan/operasional suatu organisasi. Pemanfaatan TI itu biasanya melibatkan penggunaan teknologi terkini (cloud, big data, machine learning, IoT, dll) yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan organisasi yang ingin menggunakannya.

Transformasi digital yang dijalankan itu tujuannya untuk meningkatkan layanan kepada publik dan pelanggan, serta mendongkrak daya saing, kinerja bisnis dan operasional. Maka keberhasilan penerapannya pun menjadi salah satu kunci penting keberhasilan pengelolaan insitusi pemerintahanan dan korporasi bisnis.

Demikian kesimpulan Webinar Series bertema “Accelerating Digital Transformation in Business & Government” yang digelar secara daring, Kamis, (16/12/2021), oleh Majalah ItWorks. 

Diikuti ratusan peserta, dari institusi pemerintahan dan korporasi bisnis, yang berasal dari seluruh Indonesia, Webinar, yang dibagi menjadi 2 Sharing Session ini, menghadirkan sejumlah pembicara expert (ahli atau pakar). Masing-masing membagikan pengalamannya terkait pemanfaatan TI dalam perjalanan transformasi digital di organisasi mereka masing-masing. 

“Webinar ini sebagai kegiatan belajar bersama terkait transformasi digital, sekaligus sebagai bagian dari rangkaian ajang penghargaan TOP Digital Awards 2021,” jelas Ketua Penyelenggara Webinar, M. Lutfi Handayani, MM., MBA yang juga Pemimpin Redaksi Majalah ItWorks.

Menurut Lutfi, dari sejak tahun pertama penyelenggaraan, yakni tahun 2016, TOP Digital Awards didesain sebagai ajang penghargaan yang sarat dengan aspek pembelajaran. Yaitu dengan adanya Sesi Nilai Tambah, di akhir Wawancara Penjurian. Di sesi ini, Dewan Juri memberikan pendapat, saran, dan masukan-masukan perbaikan kepada peserta. 

“Juga diberikannya kesempatan kepada setiap peserta, untuk dapat seat in atau mengikuti Sesi Presentasi/Wawancara Penjurian peserta lain, selama yang diikuti adalah bukan penjurian kompetitor bisnisnya,” tambahnya.

Dari kegiatan Webinar yang diselenggarakan hari ini, lanjut Lutfi, diharapkan banyak insight, tambahan informasi, dan inspirasi, yang dapat mendorong peningkatan penerapan dan pemanfaatan teknologi digital di organisasi masing-masing.

“Dengan semua aspek pembelajaran itu, TOP Digital Awards adalah kegiatan pembelajaran dan penghargaan bidang implementasi teknologi informatika/digital, tingkat nasional yang terbesar dan paling membanggakan di Indonesia,” tandasnya.