Find Us On Social Media :

Lima Perbedaan Fitur WA, Telegram, dan LINE untuk Kembangkan Bisnis

By Rafki Fachrizal, Senin, 27 Desember 2021 | 13:15 WIB

Ilustrasi Pengguna Smartphone

Pandemi Covid-19 telah menciptakan tantangan baru di dunia usaha secara global, termasuk di Indonesia.

Selama pandemi berlangsung, para pelaku bisnis didorong untuk bisa bersikap adaptif dan inovatif dalam menghadapi tantangan berbisnis.

Meskipun begitu, seiring dengan membaiknya situasi Covid-19 di Indonesia, keadaan ekonomi negara pun mulai membaik sehingga membuka kesempatan bagi para pelaku usaha untuk mulai mendorong performa bisnis mereka pasca pandemi.

Berbagai metode dapat dilakukan untuk mendorong performa bisnis, misalnya melalui strategi marketing di media sosial maupun aplikasi pengirim pesan instan seperti WhatsApp (WA), Telegram, dan LINE.

Di dunia bisnis online, ketiga platform pengirim pesan instan di atas sudah lumrah digunakan oleh para pelaku usaha di Indonesia untuk menjual dan mempromosikan produk bisnis mereka.

Ketiga aplikasi tersebut menawarkan berbagai fitur menarik yang dapat bermanfaat bagi para pelaku usaha untuk mendorong pertumbuhan bisnis mereka, khususnya di pasar online.

Misalnya, pemasangan iklan produk di beranda aplikasi pesan instan hingga berinteraksi langsung dengan pembeli lewat fitur chat privat.

Namun demikian, di sisi lain, dengan banyaknya platform pengirim pesan instan saat ini, para pelaku usaha mungkin pernah merasa kesulitan dalam menentukan platform mana yang paling tepat digunakan untuk mengembangkan bisnis mereka.

Nah, untuk menentukan platform yang tepat, penting bagi para pelaku usaha untuk dapat memahami perbedaan-perbedaan utama dari masing-masing aplikasi, khususnya dalam hal fitur-fitur yang ditawarkan yang relevan dengan kebutuhan bisnis.

Berikut ini perbedaan-perbedaan utama terkait fitur untuk mengembangkan bisnis dari aplikasi pesan instan WhatsApp, Telegram, dan LINE. Silakan disimak!

1. Customer Baru

WhatsApp: Tidak bisa menambah atau mencari customer baru lewat aplikasi

Telegram: Bisa menambahkan hingga 200 anggota (customer) baru ke dalam channel bisnis

LINE: Bisa menemukan customer baru lewat aplikasi

2. Respons Customer

WhatsApp: Bisa merespon customer secara langsung lewat fitur chat privat

Telegram: Bisa merespon customer secara langsung lewat grup dan channel Telegram

LINE: Bisa merespon customer lewat fitur LINE Official Account atau Business Messaging Platform

3. Akun Bisnis

WhatsApp: Hanya tersedia satu tipe akun bisnis

Telegram: Akun bisnis dapat dibedakan menjadi grup dan channel

LINE: Terdapat tiga tipe akun bisnis yaitu Unverified, Verified, dan Premium

4. Pesan Broadcast

WhatsApp: Bisa mengirim pesan broadcast secara gratis

Telegram: Bisa mengirim pesan broadcast secara gratis

LINE: Pengiriman pesan broadcast akan menambah biaya bulanan akun LINE Official

5. Fitur Promosi

WhatsApp: Tidak ada fitur promosi atau pemasaran yang spesifik

Telegram: Akun bisnis dapat mempromosikan produk/brand secara live stream di grup dan channel Telegram

LINE: Akun bisnis dapat mempromosikan brand/produk lewat LINE Ads

Dengan mengetahui perbedaan-perbedaan utama dari berbagai fitur platform pengiriman pesan instan yang bermanfaat untuk mengembangkan bisnis, kini Anda dapat lebih mudah menentukan platform mana yang paling cocok dengan kebutuhan bisnismu. Selamat mencoba!

Baca Juga: Kini Pengguna WhatsApp Bisa Cek Pesan Suara Sebelum Dikirim, Ini Caranya

Baca Juga: Apa saja Fitur-fitur Terbaru Telegram?