Find Us On Social Media :

Sederet Jurus Kabupaten Toba untuk Mempersolek Bukit Tarabunga

By Administrator, Senin, 10 Januari 2022 | 17:30 WIB

Salah satu spot terbaik untuk memandang Danau Toba yakni dari Bukit Tarabunga.

Keindahan Danau Toba memang tiada duanya. Dilihat dari sisi manapun, danau ini tetap memancarkan keelokan yang tiada tara.

Salah satu spot terbaik untuk memandanginya terletak di Bukit Tarabunga, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba.

Lokasi Bukit Tarabunga dapat dijangkau dengan mudah. Hanya memakan waktu tempuh sekitar 30 menit dari Ibu Kota Kabupaten Toba, Balige, kami sudah bisa menikmati ciptaan Tuhan yang begitu indah di atas Tanah Batak ini.

Hanya saja, akses jalan untuk menuju spot wisata ini memang belum semulus ruas jalan provinsi.

Hal ini dibuktikan ketika kami telah memasuki kawasan Desa Tarabunga, kontur jalan yang tadinya apik langsung berubah menjadi sedikit berbatu dan berlubang di beberapa titik.

Namun, jika sudah mendekati lokasi utama Bukit Tarabunga, kontur jalan kokoh yang terbuat dari beton menyambut kedatangan kami.

Menurut informasi Staf Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Toba, Simanjuntak, pembetonan jalan di sekitar Bukit Tarabunga memang belum 100 persen. 

“Jalan yang bagus ini sebenarnya belum lama diperbaharui, Bang. Kalau saya tidak salah ingat, pembangunan jalan beton mulai digagas pada awal tahun 2021 lalu,” ujar Simanjuntak yang kebetulan menemani perjalanan saya pada siang hari ini.

Simanjuntak menambahkan, jalan beton di sekitar kawasan pariwisata ini memang sudah menjadi program Pemerintah Kabupaten Toba dalam pemenuhan infrastruktur pariwisata.

Apalagi pasca Bukit Tarabunga viral di media sosial, seluruh dinas yang berhubungan langsung dengan lokasi wisata ini mulai bergerak cepat dalam memenuhi sarana dan prasarana untuk mendukung keberlangsungan pariwisata.

Pembangunan Infrastruktur Wisata

Sebelum mengunjungi Bukit Tarabunga, kami memang sempat bertemu dengan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Toba, Jhon Piter Silalahi.

Ditemui langsung di kantor dinasnya, kami menanyakan strategi serta keseriusan Disparbud Kabupaten Toba dalam mengembangkan potensi pariwisata yang ada, salah satunya objek wisata Bukit Tarabunga, yang memang bakal menjadi salah satu destinasi wisata yang kami kunjungi.