Find Us On Social Media :

Review Axioo MyBook 14H (8 GB RAM Version): Laptop untuk Anak Sekolah

By Dayu Akbar, Rabu, 12 Januari 2022 | 10:00 WIB

Axioo MyBook 14H.

Sebagai merek laptop dalam negeri, Axioo menunjukkan konsitensinya dalam menghadirkan laptop terjangkau. Salah satu seri terbaru andalannya adalah Axioo MyBook 14H (8 GB RAM Version). Penambahan versi “RAM” menegaskan bahwa ini merupakan upgrade dari seri terdahulunya yang masih menggunakan kapasitas 4 GB.

Sebagai laptop entry-level, desainnya polos dan minimalis dengan tulisan Axioo di tengahnya. Punya warna abu-abu, lapisannya tidak gampang kotor saat kami pegang. Seluruh bodinya sendiri menggunakan bahan dari polikarbonat. Dimensinya cukup nyaman dan ringkas saat dibawa. Bobotnya sekitar 1 kg lebih sedikit dengan ketebalan 2 cm. Untuk engselnya layarnya bisa dibuka secara maksimal sampai kemiringan sekitar 135°.

Layarnya punya ukuran 13,3 inci dengan resolusi 1.920 x 1.080 piksel alias Full HD yang menurut kami jadi nilai tambah. Pasalnya, kebanyakan laptop entry-level masih menggunakan resolusi 1.366 x 768 piksel. Meski menggunakan panel TN, tetapi tampilannya cukup baik. Warnanya cukup tajam, meski agak pekat, dan viewing angle-nya juga terasa luas. Kami menyaksikan layar dari berbagai sudut dan tidak mengalami banyak perubahan tampilan.

Axioo menyediakan kemudahan untuk upgrade media simpan yang kompatibel dengan HDD SATA 2,5 inci ataupun SSD SATA 2,5 inci (1), sedangkan audionya mengandalkan dua speaker yang ada pada sisi bawah (2).

Dari sisi desain, bezel-nya cukup tebal pada tiap sisi. Seperti biasa pada bezel atas terdapat webcam berukuran besar, tetapi posisi mikrofonnya terpisah dan ditempatkan pada bezel bawah. Cocok untuk aktivitas yang tidak butuh detail tinggi, webcam ini disarankan digunakan pada ruang terang atau memiliki cahaya cukup guna meminimalisasi noise. Untuk kualitas audionya terbilang standar dan cenderung dominan suara treble dengan bas yang minim. Untungnya saat volume diatur ke 100% suaranya tidak pecah.

Penempatan tombol kibornya cukup renggang dan sayangnya tidak memiliki backlight. Tombolnya pun enak saat ditekan dan membuat aktivitas mengetik jadi nyaman. Sementara, touchpad-nya standar dan tidak memiliki tombol klik kiri dan kanan yang terpisah alias tersendiri.

Untuk konektivitas, pada bagian kiri terdapat porta adaptor, USB 3.0 Standard-A, dan HDMI. Beralih ke sisi kanan terdapat porta USB 3.0 Standard-A, USB 2.0 Standard-A, Ethernet, audio, dan card reader. Di sini kami tidak menemukan porta yang lebih baru, yaitu USB Type-C.

Untuk kebutuhan rapat daring, tersedia webcam dengan resolusi 720p. Sementara, mikrofonnya diletakkan terpisah dengan posisi di bawah layar.