Find Us On Social Media :

Alibaba Prediksi 10 Tren Teknologi di Masa Depan, Ini Daftarnya

By Yussy Maulia, Rabu, 12 Januari 2022 | 18:55 WIB

Ilustrasi teknologi masa depan.

Alibaba DAMO Academy (DAMO), program penelitian global yang diinisiasi oleh Alibaba Group, belum lama ini merilis laporan berisi prediksi sepuluh tren teknologi yang berpotensi besar dalam membentuk industri teknologi masa depan.

Laporan tersebut disusun dengan menganalisis jutaan dokumen penelitian publik dan hak paten dalam kurun waktu tiga tahun ke belakang, serta wawancara dengan sekitar 100 ilmuwan di bidang terkait.

Kepala Akademi DAMO Alibaba Jeff Zhang mengatakan, selama satu abad terakhir, evolusi teknologi digital telah mendorong kemajuan teknologi.

Bahkan, kata Zhang, saat ini batasan antara dunia teknologi dan kehidupan sehari-hari semakin menipis berkat kehadiran realitas campuran (mixed reality). Peran teknologi juga semakin besar dalam keberlangsungan sektor industri.

Teknologi digital memainkan peran penting dalam mendukung masa depan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, baik itu diterapkan di industri seperti pusat data yang ramah lingkungan dan pusat manufaktur hemat energi, atau dalam aktivitas sehari-hari seperti kantor tanpa kertas,” kata Zhang dalam keterangan resmi, Selasa (11/1/2022).

Baca Juga: Begini Cara Alibaba Dorong Inklusi Digital di Kalangan Lansia

Berikut 10 tren teknologi yang diprediksi akan terus bertumbuh dan semakin relevan di dunia industri menurut prediksi Alibaba DAMO Academy.

1. Konvergensi cloud-network-device

Pesatnya perkembangan teknologi jaringan akan mendorong evolusi komputasi awan menjadi sistem komputasi baru, yaitu konvergensi cloud-network-device. Pada sistem ini, cloud, jaringan, dan perangkat memiliki peran sendiri berdasarkan fungsi khususnya masing-masing.

Konvergensi cloud-network-device adalah katalis atau pendorong munculnya aplikasi baru yang dapat menjawab beragam kebutuhan, seperti simulasi industri dengan presisi tingkat tinggi, inspeksi kualitas standar industri secara langsung, dan mixed reality.

Baca Juga: Ini Teknologi Di Balik Sukses Festival Belanja 11.11 Alibaba

2. Artificial intelligence (AI) untuk ilmu pengetahuan