Find Us On Social Media :

Mendorong Potensi Ekowisata Nusliko Park dengan Program Smart City

By Administrator, Kamis, 13 Januari 2022 | 20:45 WIB

Ekowisata Nusliko Park

Matahari bersinar terik di siang hari saat langkah kaki menyusuri jembatan kayu di area seluas 3 hektar.

Tanaman Rhizhopora atau biasa disebut mangrove atau bakau terlihat tumbuh dengan padat di kanan dan kiri jembatan kayu ini.

Sebuah gardu pandang setinggi 10 meter terlihat berdiri di antara rerimbunan hutan bakau, sebagai sarana untuk menikmati keindahan dan kealamian hutan bakau di Nusliko Park.

Nusliko Park merupakan salah satu destinasi wisata di kota Weda, Halmahera Tengah yang masih sering dikunjungi wisatawan di masa pandemi.

Setiap hari pengunjung bisa mencapai 100 orang, meskipun sebenarnya kawasan ini belum secara resmi dibuka untuk umum.

“Kita sebenarnya masih dalam proses pembangunan jadi belum buka untuk umum. Namun jika ada orang yang datang kesini dan ingin melihat-lihat, kita masih izinkan masuk, tapi tetap kita batasi jumlahnya,” ujar Ricky Nusah, Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Halmahera Tengah saat menemani tim penulis Smart City menyusuri Nusliko Park.

Nusliko Park merupakan kolaborasi beberapa potensi yang dimiliki oleh Halmahera Tengah, seperti wisata alam danau, pantai, hutan mangrove, wisata ziarah, sampai tempat pemancingan. 

Itu sebabnya Nusliko Park didesain dengan berbagai fasilitas dan prasarana pendukung yang memadai seperti gardu pandang, jalan setapa, jembatan kayu, gazebo, kios kuliner berupa cafe terapung, pusat informasi hingga cottage yang nyaman bagi pengunjung jika ingin menginap.

Project Ecopark Terpadu

Nusliko Park dibangun oleh Dinas Pariwisata Halmahera Tengah, sebagai bagian dari project kawasan ecopark dan desa wisata terpadu.

Dengan konsep cafe dan cottage, terapung, Nusliko Park terus dibangun secara bertahap sejak tahun 2018. 

Saat ini, total cottage yang tersedia di Nusliko Park berjumlah 12 buah, dan masih terdapat 3 cottage tambahan yang sedang dalam proses pembangunan.

Dengan total area Nusliko Park yang mencapai 62 hektar, masih banyak ruang yang bisa dikembangkan untuk menciptakan kawasan ecopark terpadu terbaik di Halmahera Tengah.