Find Us On Social Media :

Couchbase: Empat Hal Ini akan Membuat Developer Lebih Lincah di 2022

By Liana Threestayanti, Kamis, 27 Januari 2022 | 17:01 WIB

Ilustrasi developer atau pengembang aplikasi.

IDC melaporkan adanya peningkatan interaksi digital manusia dari rata-rata 750 engagement tahun ini menjadi 5.000 engagement di tahun 2029. Hal ini membuktikan bahwa momentum di balik modernisasi akan terus tumbuh di lanskap bisnis yang semakin mengglobal dan terhubung (connected).

“Organisasi akan terus mengeksplorasi investasi pada teknologi baru dan teknologi yang sedang berkembang yang membantu tim TI dan tim pengembang (development) memberdayakan dunia digital di mana bisnis dan konsumen hidup. Ini termasuk (memastikan) arsitektur (berorientasi ke) masa depan dengan adopsi teknologi yang memungkinkan skalabilitas, kelincahan, dan kemampuan beradaptasi dengan lingkungan yang berubah dengan cepat,” ucap Stuart Fisher, Regional Vice President, Asia Pacific and Japan, Couchbase.

Berlatar belakang hal itu, Couchbase memprediksi tren-tren yang akan memengaruhi perkembangan sektor TI dan DevOps pada tahun 2022 dan seterusnya.

Composable IT Menjadi Persyaratan bagi Organisasi Modern

Dengan memanfaatkan komponen berbasis software-defined, composability menghilangkan kebutuhan untuk mengelola infrastruktur yang mendasarinya dan menghilangkan kebutuhan untuk mengkonfigurasi ulang aset fisik seperti server, penyimpanan, dan konektivitas ketika beban kerja (workload) berubah.

Dengan composable IT, perusahaan dapat mengelola aplikasi atau layanan melalui satu control plane terpadu (unified) yang menjangkau banyak cloud, on-premises, sampai ke edge. Itulah mengapa perusahaan yang terdistribusi secara global saat ini akan menganut konsep composability, tidak hanya untuk infrastruktur on-premises, tetapi juga untuk penerapan multi-cloud dan edge. 

Memandang arsitektur dan evolusinya, perusahaan akan beralih dari arsitektur monolitik, ke arah pengembangan aplikasi dan infrastruktur dari bagian-bagian komponen dengan well-defined interface. Bisnis akan terus memikirkan kelincahan dan kesederhanaan dalam menyusun infrastruktur technology stack untuk mencapai tujuan bisnis, sehingga gagasan tentang bisnis dan aplikasi yang composable akan menjadi tren utama.

Komunikasi Buka Peluang Bagi Developer Relations

Di tahun mendatang, sudah tampak Developer Relations. Hal ini masih merupakan bidang yang sangat baru, tetapi menurut Couchbase, ada nilai yang bisa diraih jika bersandar pada Developer Relations (DevRel) untuk melekatkan perspektif pengembang pada keputusan produk dan pemasaran.

Pengembang berpengaruh besar terhadap pengambilan keputusan, karena para developer inilah yang pada akhirnya harus menjalankan keputusan tersebut. Banyak orang melihat DevRel sebagai jenis pemasaran pengembang, dan itu benar. Namun, peluang komunikasi ini berjalan dua arah: mendengarkan pengembang dan menggunakan umpan balik mereka sebagai panduan. Banyak tim DevRel yang kurang dalam area itu, dan sering kali terlalu fokus pada komunikasi keluar, daripada komunikasi masuk.

Tren lainnya adalah DevRel sering diharapkan menjangkau banyak orang, dan membantu menciptakan “jagoan” untuk menjangkau lebih banyak orang. Namun, apa yang tidak boleh hilang dalam upaya untuk melakukan ini adalah interaksi yang sangat berharga antara satu individu dengan satu individu lainnya. 

Membantu satu orang mempelajari satu hal baru, atau membantu satu tim kecil mempelajari tentang fitur yang akan menghemat waktu mereka, atau memahami sebuah masalah yang tepat, semuanya penting untuk dilakukan. Tim DevRel ingin menjangkau orang sebanyak mungkin, tetapi mereka tidak boleh meninggalkan individu dalam prosesnya.