Find Us On Social Media :

AWS Beberkan Cara Developer Lokal Dapat Manfaatkan AWS Region Jakarta

By Liana Threestayanti, Senin, 7 Februari 2022 | 20:00 WIB

AWS menghadirkan AWS Region di Indonesia.

Sejak bulan Desember 2021, Indonesia secara resmi terhubung dengan infrastruktur global milik perusahaan penyedia layanan cloud, Amazon Web Services, Inc. (AWS) melalui AWS Asia Pacific (Jakarta) Region. Bagaimana kehadiran infrastruktur dan layanan cloud  ini dapat dimanfaatkan para pelanggan di Indonesia, khususnya para pengembang aplikasi, dalam mendorong inovasi?

Secara umum, para pengguna infrastruktur global AWS akan memperoleh manfaat berupa keamanan, ketersediaan, performa, skalabilitas, dan fleksibilitas. Misalnya dalam hal keamanan, sistem keamanan AWS akan secara otomatis mengenkripsi seluruh data yang berjalan di jaringan global, mulai dari data center, availability zone, dan region. 

“Dan dengan adanya shared responsibility model antara AWS dan customer, customer selalu memiliki data mereka sendiri, dan mereka dapat membangun infrastruktur global yang paling aman, dilengkapi dengan fleksibilitas untuk melakukan (mulai dari) enkripsi hingga pemindahan data,” jelas Donnie Prakoso, Developer Advocate AWS, mengenai keamanan di infrastruktur cloud AWS.

Cara Mudah Migrasi Antar-Region

Lebih lanjut, dalam kesempatan konferensi pers yang digelar beberapa waktu lalu, Donnie Prakoso juga memaparkan beberapa use case umum yang dapat dilakukan para developer dalam memanfaatkan infrastruktur AWS Asia Pacific (Jakarta) Region.

Salah satu yang menarik adalah bagaimana memindahkan (migrasi) sumber daya database, storage, dan keseluruhan infrastruktur ke Region Jakarta. 

Ketika para developer ingin memindahkan data, misalnya dari Amazon RDS, ke region lain dengan mempertahankan high availability pada sistem, AWS menyediakan AWS Database Migration Service. Donnie menjelaskan, dengan layanan migrasi ini, database sumber bisa tetap beroperasi secara penuh selama proses migrasi. 

“(Database sumbernya) tidak perlu dimatikan atau dibuat snapshot terlebih dahulu sebelum di-load,” jelas Donnie. Ketika data sudah masuk ke database target, misalnya di Region Jakarta, dan disinkronisasi, proses replikasi bisa ditutup dan aplikasi akan langsung merujuk database destinasi.  

Use case lainnya yang juga kerap dibutuhkan para developer adalah migrasi storage. Donnie menjelaskan ada tiga cara untuk memindahkan storage dari region lain ke Region Jakarta. Pertama, menggunakan CLI (command line interface) untuk mengcopy object dari source ke destination bucket. 

Cara kedua adalah menggunakan Replication yang secara otomatis mereplikasi perubahan object di seluruh akun. Untuk menyalin object yang berjumlah besar, para developer dapat memanfaatkan S3 Batch Operations. 

“Cara ini akan memudahkan customer dalam melakukan migrasi dari region lain ke Region Jakarta. Pelanggan tidak akan kehilangan data sama sekali, semua akan tercipta secara otomatis tanpa konfigurasi yang kompleks,” jelas Donnie.

Sementara untuk memindahkan infrastruktur dari satu region ke region lain, misalnya dari Region Singapore ke Region Jakarta, AWS menyarankan pelanggan memanfaatkan pendekatan Infrastructure as Code (IaC), yang disebut Donnie sebagai salah satu pilar penting dalam DevOps.