Di era digital ini, media sosial, pemasaran digital, dan e-commerce menjadi peluang besar bagi para pelaku bisnis di berbagai skala dan industri untuk memasarkan brand dan produk dengan mudah serta menjangkau dan memperluas cakupan pasar mereka.
Berbagai penelitian mengungkapkan manfaat dari kehadiran brand secara virtual. Tak mengherankan jika para pelaku usaha berbondong-bondong melakukan promosi melalui media digital dengan menggunakan berbagai platform, termasuk e-commerce, untuk mengembangkan merek usahanya.
Namun persaingan penjualan pun semakin ketat karena jumlah merek yang tengah bersaing untuk mendapatkan perhatian konsumen juga semakin meningkat.
“Di era yang serba modern ini, rekam digital menjadi sangat penting bagi keberlangsungan dan masa depan sebuah usaha. Kehadiran media sosial, pemasaran digital, dan e-commerce memberikan peluang besar dan wadah bagi para pemain bisnis untuk memperkenalkan dan mengembangkan usaha mereka,” ujar Tut Wuri Handayani, Head of Services Zilingo.
Zilingo Indonesia sendiri sebagai platform B2B dengan solusi bisnis satu atap menawarkan kemudahan bagi para pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya, salah satunya melalui layanan pemasaran.
Selanjutnya, Tut Wuri membagikan kiat-kiat meningkatkan performa penjualan dan membangun strategi digital yang tepat yang dapat dicoba pelaku usaha.
1. Pentingnya kesan pertama
Menurut Zilingo, pelanggan membutuhkan waktu kurang dari 50 milidetik untuk memutuskan apakah mereka menyukai halaman sebuah e-commerce. Komunikasi yang menarik secara visual sangat penting karena 80% pelanggan akan mengingat apa yang mereka lihat, dan 20% di antaranya tidak pernah melupakan apa yang mereka temukan di situs web. Foto produk yang berkualitas tinggi, konten yang relevan, dan desain situs web yang bagus dan user-friendly menjadi perpaduan elemen yang sempurna untuk membangun sebuah toko e-commerce yang menarik di tahun 2022.
2. Target audiens yang tepat dengan rekomendasi yang sesuai
Jika ingin memberikan pengalaman belanja yang baik dan lebih personal, rekomendasi produk yang relevan adalah strategi yang tepat.
Faktanya, 53% pelanggan suka melihat rekomendasi produk di situs web yang umumnya serupa dengan riwayat penelusuran mereka. Oleh karena itu, sangat penting untuk memasukan daftar produk yang juga disesuaikan dengan target promosi Anda.
3. Membangun narasi yang tepat
Sebuah bisnis bukan hanya tentang produk dan layanan. Pelaku bisnis harus memiliki kekuatan untuk menceritakan nilai-nilai yang dibawa oleh sebuah brand untuk dapat membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan yang sesuai dengan target pasarnya. Pastikan konten yang dibagikan konsisten dengan pesan dan nilai yang dimiliki brand.
Cara terbaik untuk melakukan hal itu adalah membuat konten yang relevan, seperti artikel blog dan video yang melibatkan audiens secara langsung agar memberikan dampak yang lebih besar untuk perkembangan brand dan penjualan.
4. Memanfaatkan pemasaran kreatif dan influencer
Setiap merek memiliki keunikan tersendiri, begitu juga dengan strategi pemasaran yang akan digunakan. Zilingo menyarankan pelaku bisnis untuk terus mengamati perkembangan platform serta media terbaru yang dapat digunakan untuk membangun strategi konten yang kuat dan kreatif.
Pebisnis dapat meningkatkan performa strategi pemasarannya dengan melibatkan jaringan influencer yang relevan dengan brand miliknya. Contoh, brand Poppy Theodorin. Brand fashion dari Indonesia ini memanfaatkan layanan manajemen media sosial bersama Zilingo dan memperbaiki kualitas konten di media sosialnya untuk meningkatkan jumlah follower-nya. Menurut data Zilingo, konten media sosial brand ini mengalami peningkatan 145% dalam jumlah follower dan impression yang juga meningkat hingga 27%.
5. Mengintegrasikan bisnis dengan sebuah tujuan
Brand yang modern tidak hanya bisa memenuhi kebutuhan para konsumen, tetapi juga memberikan pengaruh dan dampak positif di lingkungan atau masyarakat sekitar. Studi menunjukkan bahwa 87% pelanggan bersedia membeli produk dari brand yang mendukung tujuan dan masalah sosial yang menjadi kepedulian pelanggan.
Oleh karena itu, Zilingo menyarankan pelaku bisnis ikut mendukung suatu tujuan sosial untuk memperkuat bisnis dan memenangkan hati calon pelanggan. Inisiatif penggunaan bahan ramah lingkungan, kesadaran kesehatan, dukungan terhadap suatu LSM, keikutsertaan dalam perubahan sosial adalah beberapa strategi yang dapat diterapkan untuk meraih simpati dan perhatian pelanggan yang pada gilirannya akan menumbuhkan bisnis di masa depan.
“Membenahi kualitas konten dalam saluran digital serta menyusun strategi komunikasi dan pemasaran yang tepat adalah proses yang krusial. Pastikan Anda menginvestasikan sumber daya yang cukup di dalamnya, dan tentu saja, Zilingo Marketing Services siap membantu memperluas jangkauan bisnis Anda melalui strategi digital yang baik dan berkelanjutan,” tutup Tut Wuri Handayani.