GoPay, Gojek dan Tokopedia, tiga lini bisnis dari Grup GoTo, melanjutkan komitmen jangka panjangnya dalam menyediakan program literasi keuangan untuk masyarakat Indonesia melalui program FinanSiap.
Program tersebut telah melewati salah satu tonggak sejarah penting dalam kolaborasinya dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk mengadakan edukasi keuangan dan investasi, yang telah berlangsung sejak Oktober 2021 hingga Februari 2022.
Melalui kolaborasi ini, FinanSiap mencatat pencapaian yang menjangkau lebih dari enam belas juta audiens melalui seluruh kanal publikasi FinanSiap dan BEI, termasuk melalui situs FinanSiap, Tokopedia Play, GoPlay, kanal media sosial, iklan digital, serta berbagai sarana lainnya.
Pencapaian tersebut memperluas cakupan masyarakat yang mendapat akses edukasi literasi keuangan dan melengkapi berbagai program serta inisiatif yang sebelumnya telah dilakukan oleh BEI.
FinanSiap merupakan program literasi keuangan dari GoPay yang pertama kali diperkenalkan ke masyarakat pada Juli 2021.
Program ini dirancang untuk menjawab kebutuhan literasi keuangan di tengah masyarakat yang semakin melek teknologi serta investasi melalui edukasi keuangan gratis, khususnya bagi kelompok usia muda. FinanSiap pun menyediakan berbagai topik perencanaan keuangan dan investasi yang dikemas secara atraktif sekaligus interaktif.
Di tengah merebaknya partisipasi investor ritel di pasar modal, program FinanSiap kali ini dilakukan dalam rangka mendukung BEI mengedukasi serta membangun pemahaman masyarakat, khususnya calon investor untuk menjadi investor yang cerdas.
Hal tersebut menunjukkan komitmen penuh BEI dalam menciptakan generasi muda Indonesia yang melek investasi seraya memastikan hadirnya pasar modal yang inklusif dan terpercaya bagi seluruh pemangku kepentingan.
Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi mengatakan, “Pada akhir 2021, BEI mencatat ada hampir 7,5 juta investor pasar modal; sebuah peningkatan signifikan dibandingkan dengan tahun tahun sebelumnya. Dengan meningkatnya jumlah investor ini, semakin besar pula tanggung jawab BEI untuk mengedukasi masyarakat agar dapat berinvestasi secara cerdas dan cermat. Enam belas juta orang yang dapat kami edukasi bersama GoPay, Gojek, serta Tokopedia melalui program FinanSiap ini menjadi pencapaian baik bagi BEI serta pemangku kepentingan pasar modal Indonesia, dan kami sangat antusias untuk menyambut potensi kerja sama dengan berbagai pihak lainnya di masa depan.”
Chief Marketing Officer GoPay Fibriyani Elastria menjelaskan, “GoPay, sebagai bagian dari ekosistem GoTo, berkomitmen untuk memperluas fungsinya - tidak hanya sebagai alat pembayaran tetapi juga sebagai sarana yang membantu pengguna mengatur keuangan untuk mencapai tujuan finansialnya. Sejak dimulai beberapa bulan silam, kami telah melihat antusiasme dari masyarakat dalam mengakses materi edukasi keuangan FinanSiap. Edukasi ini tidak terbatas bagi masyarakat pada umumnya, namun juga kami tujukan bagi mitra usaha yang sudah tergabung dalam GoTo Financial & Tokopedia Seller. Kami berharap materi-materi ini menginspirasi mereka untuk bisa memegang kendali atas keuangan pribadinya serta merencanakan keuangan mereka di masa depan.”
Berbagai sesi FinanSiap juga menunjukkan ketertarikan masyarakat dalam kegiatan yang meningkatkan literasi keuangan.
Lewat survei partisipan yang telah dilakukan di antaranya, rata-rata lebih dari 70% responden meyakini FinanSiap telah menginspirasi mereka untuk mengelola keuangan dengan lebih baik, dan rata-rata lebih dari 70% tertarik untuk mengikuti sesi-sesi FinanSiap di kemudian hari.
Selain itu, responden juga menyatakan ketertarikan mereka terhadap beberapa topik, seperti pengelolaan keuangan pribadi, pemilihan investasi bagi pemula, analisis keuangan, hingga berinvestasi melalui pasar modal. Di media sosial sendiri, Finansiap berhasil menjangkau lebih dari 693 ribu pengguna lewat konten-konten ringan yang edukatif.