Find Us On Social Media :

Membangun Landasan Ekosistem Kerja Jarak Jauh yang Kolaboratif dan Produktif

By Rafki Fachrizal, Rabu, 16 Februari 2022 | 20:35 WIB

Schneider Electric mengungkapkan bahwa model kerja jarak jauh yang menjadi kebiasaan baru dalam dunia bisnis saat ini harus dibangun dengan landasan ekosistem kerja yang kolaboratif dan mendukung produktivitas.

Pemanfaatan teknologi digital dan otomasi seperti industrial cloud computing, kolaborasi digital dan kecerdasan buatan (artificial intelligence) menjadi kunci kesuksesan dalam membangun dunia digital yang saling terhubung dan cerdas.

COVID-19 telah mempercepat upaya transformasi digital yang dilakukan banyak organisasi sebelum pandemi. Sekarang dunia telah jauh berlari melampaui yang pernah dibayangkan sebelumnya.

Organisasi industri di seluruh dunia dengan cepat menyesuaikan diri dengan kondisi kerja yang sangat tidak biasa.

Para pekerja perlu mengakses peralatan kerjanya dari mana saja dan kapan saja. Mereka membutuhkan teknologi kolaborasi jarak jauh untuk terhubung dengan sesama koleganya, dengan pemasok dan pelanggan.

Bisnis yang lebih gesit dan tangguh dalam memanfaatkan teknologi inovatif untuk memfasilitasi model kerja jarak jauh, memungkinkan mereka membuat keputusan yang lebih cepat dan akurat.

Hasilnya, mereka juga menemukan cara baru untuk mengontrol pengeluaran modal dengan lebih baik dan mengurangi risiko operasional.

Operasional dan Pemeliharaan Jarak Jauh

Inovasi teknologi memungkinkan pengelolaan operasional dan pemeliharaan bahkan di lokasi terpencil.

Dengan bantuan industrial internet of things (IIoT), digital twins, cloud computing, dan kecerdasan buatan (AI), hambatan kompleksitas rantai pasokan, produksi, dan distribusi dalam kegiatan operasional dapat diatasi dengan menghubungkan proses inti ke dalam lingkungan digital terpadu.

Organisasi seperti Schneider Electric dan AVEVA menyediakan perangkat lunak, layanan, digital power, dan solusi infrastruktur fisik & proses yang memudahkan transisi ke dunia operasional yang dikendalikan dari jarak jauh dengan ekosistem yang terhubung.

Mendorong Inovasi dan Keterlibatan Pekerja

Terdapat tiga faktor kunci keberhasilan untuk membangun ekosistem operasional yang terhubung dan berketahanan serta memberdayakan pekerja jarak jauh: