Find Us On Social Media :

Ericsson Lengkapi Portofolio RAN-nya, Bisa Bantu Peluncuran 5G

By Cakrawala, Senin, 21 Februari 2022 | 20:00 WIB

Ilustrasi salah satu produk baru dari portofolio RAN Ericsson.

Ericsson minggu lalu mengumumkan aneka tawaran baru yang melengkapi portofolio RAN (radio access network) -nya di dunia. Ericsson mengumumkan tujuh produk dan solusi RAN baru yang diklaim bisa membantu operator telekomunikasi seluler sehubungan peluncuran jaringan 5G dan keberlanjutan alias sustainability.

Ericsson menegaskan tawaran barunya itu bisa memberikan peningkatan kapasitas yang sangat signifikan dan penghematan energi yang cukup besar. Menariknya lagi, peningkatan-peningkatan yang dimaskud dihantarkan tanpa atau sedikit memakan tambahan tempat.

"Kami terus mengembangkan portofolio RAN dengan lebih banyak solusi untuk jaringan 5G yang cerdas, ramping, dan berkelanjutan. Inovasi terbaru kami akan makin mengoptimalkan site 5G baik yang dibangun secara khusus maupun penerapan Cloud RAN," kata Per Narvinger (Head of Product Area Networks, Ericsson).

Terdapat dua perangkat radio yang diumumkan Ericsson, yakni Radio 4490 dan Radio 4490 HP. Ericsson menyebutkan bahwa Radio 4490 merupakan radio pita ganda (dual band) yang memiliki konsumsi daya lebih rendah dari yang ditawarkan sebelumnya. Ericsson menyebutkan Radio 4490 memiliki konsumi daya yang lebih rendah 25%. Tak haya itu, Ericsson juga menekankan Radio 4490 lebih ringan dari sebelumnya. Namun, Ericsson tidak menyebutkan besaran pengurangan bobot yang dimaksud.

Sementara, Radio 4490 HP merupakan Radio 4490 varian daya tinggi. Ericsson menjelaskan bahwa Radio 4490 HP menawarkan daya keluaran yang lebih besar sampai 50% dibandingkan sebelumnya. Daya kelauran yang lebih besar misalnya bisa pula digunakan untuk mengurangi jumlah radio yang digunakan.

Ericsson pun menegaskan bahwa Radio 4490 dan Radio 4490 HP kompatibel dengan kebanyakan situs radio di dunia. Pasalnya, keduanya mendukung FDD (frequency division duplex) pita utama yang digunakan banyak operator telekomunikasi seluler dalam melakukan deployment 5G. Selain itu, kedua radio yang Cloud RAN-ready itu juga menggunakan pendingin pasif alias tanpa kipas sehingga makin mengurangi konsumsi daya.

“Keberlanjutan adalah inti dari tujuan Ericsson dan produk serta solusi hemat energi baru kami yang terkemuka di dunia akan memungkinkan pelanggan kami untuk menembus kurva energi ketika mengelola pertumbuhan lalu lintas data yang diperkirakan dari jaringan 5G, baik saat ini maupun masa depan. Ini telah dicapai melalui kombinasi silikon internal, rekayasa produk radio dan antena yang inovatif, dan fitur perangkat lunak canggih. Dalam rangka mendukung agenda pemerintah dalam mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan, kami membangun jaringan 5G masa depan - jaringan yang memberikan kinerja setinggi mungkin dengan peningkatan efisiensi sumber daya dan dampak lingkungan yang rendah,” ujar Jerry Soper (Head Ericsson Indonesia).