Find Us On Social Media :

Review POCO X3 GT: Tawarkan Performa Kencang Berkat Dimensity 1100

By Dayu Akbar, Senin, 28 Februari 2022 | 23:35 WIB

POCO X3 GT.

POCO yang telah independen melepaskan diri dari Xiaomi, terbilang gencar meluncurkan smartphone 5G. Salah satunya melalui POCO X3 GT yang kami uji kali ini. Jaringan 5G memang belum merata secara maksimal di tanah air, tetapi ketersediaan jaringan tersebut tetap menjadi nilai jual yang cukup menarik. Apalagi POCO menyebutkan bahwa pengguna bisa menjalankan jaringan 5G di kedua slot SIM yang tersedia.

Selain 5G, POCO X3 GT jadi smartphone yang menawarkan performa kencang yang dipersiapkan bagi pengguna yang hobi bermain gim. Hal ini terlihat pada penggunaan SoC (system on chip) Mediatek Dimensity 1100 yang masuk dalam kategori flagship. Sementara, POCO X3 GT sendiri merupakan smartphone yang menyasar kelas menengah.

CPU pada Dimensity 1100 terdiri dari quad core Cortex A78 berkecepatan 2,6 GHz pada klaster performa dan quad core Cortex A55 berkecepatan 2 GHz pada klaster efisiensi. GPU yang digunakan adalah ARM Mali-G77 MC9. Adapun untuk kapasitas memori utamanya adalah 8 GB dan kapasitas media simpan internalnya adalah 128 GB. POCO X3 GT juga punya varian lain yang dibedakan dari kapasitas penyimpanan, yakni 256 GB. Meski di atas kertas spesifikasi ini sudah kencang, POCO menambahkan fitur Memory Extension sebesar 3 GB yang diambil dari media simpan internal. Hal itu dilakukan agar performa makin mulus terutama saat multitasking.

Bodi belakangnya menggunakan bahan plastik dengan motif bergaris vertikal yang tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu Cloud White, Wave Blue, dan Stargaze Black.

POCO terkenal dengan smartphone terjangkaunya yang memiliki fitur ala flagship. Selain dua keunggulan tadi, hal lain yang mendukung di antaranya adalah layarnya yang memiliki refresh rate 120 Hz. Refresh rate ini menjadikan pergerakan animasi jadi lebih halus dan cocok digunakan saat bermain gim. Namun, karena menggunakan konsumsi daya lebih besar, jika Anda ingin lebih menghemat tersedia pilihan untuk berpindah ke refresh rate 60 Hz.

Perlindungan juga telah disematkan dengan hadirnya Corning Gorilla Glass Victus yang jadi salah satu pelindung layar terkuat pada smartphone. Ukurannya layarnya pun besar yaitu 6,6 inci dengan resolusi 2.400 x 1.080 piksel dan menggunakan panel IPS. Sementara, touch sampling rate-nya sebesar 240 Hz.

POCO X3 GT memiliki speaker ganda dengan dukungan Dolby Atmos yang ditempatkan pada sisi atas dan bawah serta mendukung Hi-Res Audio dan Hi-Res Wireless Audio.