Find Us On Social Media :

Intel Sapphire Rapids akan Bisa Tingkatkan Signifikan Kapasitas vRAN

By Cakrawala, Rabu, 9 Maret 2022 | 10:00 WIB

Ilustrasi jaringan 5G dengan vRAN.

Melalui MWC Barcelona 2022 yang baru lalu, Intel menyampaikan perihal sejumlah produknya yang bisa membantu operator telekomunikasi seluler maupun perusahaan lain dalam menjalankan operasinya. Pada acara yang berlangsung secara hibrida di Barcelona, Spanyol tersebut; Intel antara lain menyampaikan secara virtual mengenai lini prosesor Intel Xeon Scalable generasi berikutnya dengan codename Intel Sapphire Rapids dan Intel Xeon D yang baru dengan codename Intel Ice Lake D.

Intel mengeklaim Intel Xeon Scalable dengan codename Intel Sapphire Rapids menawarkan kinerja sehubungan vRAN (virtual/virtualized radio access network) yang lebih tinggi dari Intel Xeon Scalable generasi terkini yang telah tersedia secara umum. Sementara, Intel Xeon D dengan codename Intel Ice Lake D menawarkan kinerja untuk software-defined network dan edge yang lebih tinggi dibandingkan Intel Xeon D sebelumnya.

Intel menyebutkan peningkatan yang ditawarkan Intel Xeon Scalable dengan codename Intel Sapphire Rapids dan Intel Xeon D dengan codename Intel Ice Lake D adalah sejalan dengan tren jaringan dan komputasi di dunia saat ini. Intel menambahkan bahwa sekarang jaringan, termasuk 5G, bergeser ke software-defined — khusus Intel Sapphire Rapids, dari RAN ke vRAN pada 5G — dan komputasi “bergeser” ke edge — dari cloud/pusat data ke edge. Software-defined network dan software-defined edge sendiri menawarkan sejumlah kelebihan seperti kecepatan inovasi dan fleksibilitas.

“Ketika kami menghadirkan era baru inovasi dalam transformasi jaringan dan edge, saat ini, lebih dari sebelumnya, evolusi ini didorong oleh kebutuhan akan kontrol, kemampuan beradaptasi, dan scalability yang lebih besar untuk memberikan kemampuan bagi mereka yang membangun dan mengoperasikan infrastruktur agar segera dapat memperkenalkan kemampuan-kemampuan baru,” kata Nick McKeown (Senior Fellow dan Senior Vice President Network and Edge Group, Intel).

“Fleksibilitas adalah benar-benar kunci. Fleksibilitas adalah benar-benar yang utama dari apa yang operator [telekomunikasi seluler] inginkan. Jadi, dengan ini kami mengumumkan produk baru yang tidak hanya menghantarkan fleksibilitas melainkan juga memenuhi persyaratan akan kinerja dan daya di dunia radio access network,” sebut Dan Rodriguez (Corporate Vice President and General Manager Network Platforms Group, Intel).

Intel Sapphire Rapids

Terdapat dua hal yang disampaikan Intel sehubungan Intel Xeon Scalable dengan codename Intel Sapphire Rapids. Pertama adalah adanya fitur pada core dari Intel Sapphire Rapids berupa instruksi untuk pemrosesan sinyal khusus 5G — Intel menyebutkan fitur ini dibangun untuk mendukung pemrosesan sinyal khusus RAN. Kedua adalah nantinya Intel Sapphire Rapids akan memiliki varian yang memiliki akselerator terintegrasi yang dioptimalkan untuk beban kerja vRAN.

Intel Sapphire Rapids.

Dengan instruksi untuk pemrosesan sinyal khusus 5G, Intel mengeklaim Intel Xeon Scalable dengan codename Intel Sapphire Rapids akan memberikan peningkatan kapasitas sampai dua kali untuk vRAN dibandingkan Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 — Intel tidak menyebutkan secara spesifik codename dari Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 yang dimaksud, apakah Intel Ice Lake atau Intel Cooper Lake. Tak sekadar peningkatan kapasitas vRAN yang signifikan, lini prosesor baru yang rencananya akan diluncurkan tahun ini tersebut mendukung pula kapabilitas tingkat lanjut seperti kepadatan sel yang tinggi untuk 64T64R massive MIMO.