Find Us On Social Media :

Begini Cara Komputasi Edge Wujudkan Game Online Tanpa Nge-lag

By Liana Threestayanti, Senin, 7 Maret 2022 | 21:00 WIB

Ilustrasi Game Online

Penulis: Bill Cozens, Associate Blog Editor, Red Hat Blog

Anda sedang memainkan online multiplayer game favorit Anda. Namun tiba-tiba permainan terganggu karena gim terputus-putus. Karakter yang sedang Anda mainkan tidak bergerak. Pemain lain diam, membeku. Musik yang ada di dalam game juga mulai tidak terdengar.

Nge-lag.  

Inilah hal yang paling ditakuti dan menjadi salah satu masalah terbesar sekaligus paling membuat frustasi para gamer online modern. Ini terjadi saat kita harus menunggu data bergerak ke arah kita, dan ini bisa membutuhkan waktu milidetik hingga detik.

Tapi bagaimana jika ada cara untuk mengurangi lag secara signifikan dalam bermain gim online? Dengan komputasi edge atau edge computing, hal ini sangat mungkin diwujudkan. Dalam tulisan ini, kita akan mengenal lebih jauh tentang komputasi edge, bagaimana data di gim online bergerak secara tradisional, dan mengapa komputasi edge bisa menjawab tantangan bermain gim online modern.

Apa itu komputasi edge?

Komputasi edge berada di atau dekat dengan lokasi fisik pengguna atau sumber data pengguna.

Dengan menempatkan layanan komputasi lebih dekat ke lokasi tersebut (edge), pengguna akan mendapatkan keuntungan dari layanan yang lebih cepat dan lebih unggul, dan perusahaan mendapatkan keuntungan dari fleksibilitas komputasi hybrid cloud.

Komputasi edge adalah satu cara yang bisa dimanfaatkan perusahaan untuk mendistribusikan sekumpulan sumber daya di berbagai lokasi. 

Berikut adalah beberapa terminologi komputasi edge yang sangat penting diketahui:

Perangkat edge: setiap hardware yang memproses data di luar cloud

Server edge: server yang memproses data di satu lokasi edge