Find Us On Social Media :

Review vivo V23e: Smartphone Gaya untuk Kawula Muda yang Suka Swafoto

By Dayu Akbar, Selasa, 22 Maret 2022 | 10:00 WIB

vivo V23e.

Menyasar kawula muda maupun Anda yang berjiwa muda, vivo kembali menghadirkan varian smartphone kelas menengahnya melalui V23e. Penggunaan huruf e pada penamaannya biasanya menunjukkan bahwa ini merupakan versi lebih ekonomis dibanding versi standarnya, V23.

Mengusung tagline “Inspire Every Portrait”, smartphone ini mengandalkan kamera depan dengan resolusi 50 MP. Seperti sebelumnya, kamera depan memang kerap jadi andalan vivo yang ditujukan bagi kawula muda yang hobi swafoto alias selfie.

Selain resolusi tinggi, kamera depannya dilengkapi dengan banyak fitur yang jarang dijumpai pada smartphone sekelas. Di antaranya autofocus yang mengikuti pergerakan objek guna memberikan hasil terbaik. Begitu pula dengan fitur AI Eye Auto Focus yang akan mengenali dan mengikuti mata objek sehingga fokus selalu tertuju kepada Anda sang pengguna.

Sebagai tambahan, vivo menyematkan beberapa pilihan filter yang antara lain disebut Bokeh dan Face Beauty. Terdapat juga kemampun untuk fine-tuning warna demi hasil lebih menarik. Tidak hanya itu, tidak kalah menarik adalah kemampuannya dalam mengambil swafoto dalam kondisi gelap atau malam hari, meski lingkungan sekitar kurang cahaya.

Bodi belakangnya menggunakan bahan Satin AG Glass halus yang dilapisi dengan teknik Dual-Layer Coating sehingga terlihat keren dan tidak mudah kotor oleh sidik jari.

Namun, sedikit ganjalan bagi penulis adalah saat penulis menambahkan bokeh. Kami coba menggunakan efek yang dimaksud dengan pengaturan yang tinggi yaitu 60%. Hasilnya, pinggiran objek terasa kurang rapi. Terlihat peralihan antara efek dan objek kurang rapi dan mengganggu. Guna mendapatkan hasil yang lebih rapi, berdasarkan pengalaman penulis, usahakan pengaturan efek ini kurang dari 50%.

Anda juga akan menjumpai pilihan mode Dual View pada kamera depan. Mode ini merekam video melalui kamera depan dan belakang secara bersamaan, atau melalui kamera depan dengan mode standar dan kamera depan dengan zoom 0,6x. Masih seputar perekaman video, disematkan pula Steadyface. Fitur ini berguna untuk meminimalisasi guncangan sehingga hasil video lebih stabil. Cocok untuk membuat vlog sambil berjalan atau berlari. Sementara, untuk resolusi maksimal video, hanya bisa mengambil sampai 1080p.

Dengan resolusi 50 MP, Anda akan mendapatkan foto sampai berukuran 8.160 x 6.144 piksel. Resolusi yang tinggi ini membuat tampilan foto tidak pecah mesti dicetak dalam ukuran besar. Namun, untuk menggunakan resolusi 50 MP, Anda mesti masuk ke pilihan High Resolution. Karena secara default, kamera depan menggunakan resolusi sekitar 12,5 MP saja. Jika dibandingkan secara kasat mata pada layar — menampilkan foto secara menyeluruh, hasil dari kedua resolusi tersebut tidak terasa bedanya.

Mengusung tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 64 MP (tengah), ultralebar 8 MP (atas), dan makro 2 MP (bawah).