Find Us On Social Media :

Shopee Tebar Promo Menarik dan Bagikan 4 Tips Berpuasa Sehat

By Indah PM, Jumat, 1 April 2022 | 13:30 WIB

Shopee

Dalam rangka mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadan, menjaga pola hidup sehat menjadi sangat penting agar tetap aktif dan semangat saat menjalankan ibadah puasa. Untuk mendukung momen tersebut, Shopee pun kembali menghadirkan BincangShopee 4.4 Sambut Ramadan Sale, yang bertajuk “Berpuasa Sehat Agar Tetap Produktif”.

Dalam bincang Shopee kali ini, ada dua narasumber yang dihadirkan, yakni Chef Norman Ismail dan dr. Putri Sakti, M. Gizi, Sp.GK, AIFO-K, seorang Clinical Nutrition Specialist.

Memiliki tubuh yang sehat tentu menjadi dambaan semua orang. Apalagi sejak pandemi melanda, semakin banyak orang mulai menyadari bahwa menjaga dan memperhatikan kesehatan merupakan hal yang sangat penting. Namun hal ini menjadi sebuah tantangan dikarenakan adanya pergeseran kebiasaan dan rutinitas harian, khususnya pada pola makan dan minum yang berubah saat memasuki bulan Ramadan.

Untuk menjaga kesehatan dan dapat berpuasa dengan baik, Shopee mengungkapkan 4 hal yang perlu diperhatikan berikut ini:

1. Tetap menjaga kesehatan di tengah pola makan tidak menentu dengan hal sederhana.

Perbedaan mendasar saat bulan-bulan biasa dan bulan Ramadan adalah jam makan. Oleh karena itu, menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan hal yang sederhana, seperti tidak melewatkan sahur, tidak makan berlebih saat berbuka, tetap berolahraga dengan jam yang disesuaikan, tidur yang cukup, serta tetap memperhatikan gizi dalam makanan serta memenuhi kebutuhan air harian.

2. Memperhatikan kombinasi gizi dan vitamin pada menu sahur dan berbuka.

Saat sahur, utamakan mengkonsumsi karbohidrat kompleks karena akan lebih lama dicerna dan bisa memberi rasa kenyang lebih lama dan memberi energi yang lebih lama pula. Makanan kaya protein serta sayur dan buah juga jangan dilewatkan. Minum air putih yang cukup juga perlu.

Saat berbuka, diusahakan tidak langsung makan besar. Konsumsi dulu makanan atau minuman manis yang bukan dari gula. Bisa dengan kurma, buah atau air kelapa. Baru setelah shalat maghrib bisa mengonsumsi makanan apa saja yang mengandung karbohidrat, protein hewani atau nabati, serat dan vitamin dari buah dan sayur juga lemak sehat.

Hindari mengonsumsi makanan yang digoreng secara berlebih, makanan yang terlalu manis atau tinggi gula, termasuk pemanis buatan. Makanan yang terlalu pedas apalagi bersantan atau makanan kemasan juga perlu dihindari. Selain itu, makanan berserat tinggi juga sebenarnya tidak dianjurkan, terutama untuk berbuka. Karena akan sulit dicerna ketika perut masih kosong.

3. Tetap memenuhi kebutuhan air dalam sehari.

Dengan keterbatasan waktu mengonsumsi makan dan minum, kita perlu lebih cerdik dalam memenuhi kebutuhan air harian. Salah satu cara yang direkomendasikan oleh dr. Putri Sakti, M.Gizi, Sp.GK, AIFO-K adalah menerapkan pola 2-4-2. Yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat makan malam dan 2 gelas lagi saat sahur. Secara umum, semua sayur dan buah itu sebenarnya baik untuk dikonsumsi. Namun, ada beberapa yang dokter rekomendasikan, yaitu sayur dan buah yang mengandung banyak air, antioksidan serta vitamin C, seperti bayam, brokoli, semangka dan alpukat.

4. Memahami kombinasi menu makanan yang boleh dan tidak boleh dicampur atau dimakan di waktu berdekatan.