Find Us On Social Media :

Intel Luncurkan Intel Arc untuk Laptop, Dimulai dengan Intel Arc 3

By Cakrawala, Kamis, 7 April 2022 | 10:00 WIB

Lencana Intel Arc.

Intel belum lama ini meluncurkan kartu grafis tambahan atau lebih tepatnya GPU tambahan alias GPU nonterintegrasinya untuk laptop — dan juga tentunya 2 in 1 — di dunia. Menggunakan arsitektur Xe; "seperti" GPU terintegrasi Intel pada prosesor dengan codename Intel Tiger Lake maupun Intel Alder Lake, tetapi dengan aneka peningkatan untuk kinerja yang lebih tinggi; GPU tambahan yang diluncurkan Intel itu mengusung nama Intel Arc, tepatnya Intel Arc seri A.

Menyerupai prosesornya, Intel juga mengelompokkan Intel Arc seri A ke dalam kelompok yang ditandai dengan angka 3, 5, 7. Dua produk yang diluncurkan kali ini adalah yang Intel Arc 3 alias kelompok paling rendah. Intel menyebutkan Intel Arc 5 dan Intel Arc 7 akan tersedia kemudian. Adapun kedua produk yang diluncurkan adalah Intel Arc A350M dan Intel Arc A370M. Intel Arc A350M ditujukan untuk laptop maupun 2 in 1 yang ultratipis, sedangkan Intel Arc A370M untuk yang tipis dan ringan. Dari sisi kinerja, sesuai namanya, Intel Arc A370M lebih bertenaga dari Intel Arc A350M.

Sebenarnya, pada masa lampau Intel pernah menawarkan kartu grafis tambahan untuk desktop, tetapi sudah beberapa lama tidak. Peluncuran GPU tambahan untuk laptop dari Intel, dimulai dengan Intel Arc 3, menandai kembalinya Intel ke arena kartu grafis tambahan. Apalagi nantinya akan hadir pula varian Intel Arc untuk dekstop.

Xe-HPG: Diawali Intel Arc A370M dan Intel Arc A350M

Menggunakan arsitektur Xe-HPG (Xe-High Performance Graphics) yang ditujukan untuk memberikan kinerja yang lebih baik dari Xe-LP (Xe-Low Power) yang digunakan GPU terintegrasi Intel, Intel Arc A350M hadir dengan enam Xe-core. Masing-masing Xe-core mengandung enam belas vector engine — Xe vector engine — dan enam belas matrix engineIntel XMX (Xe Matrix Extensions) engine.

Pada Xe-HPG, Intel tidak lagi menggunakan EU (execution unit) seperti pada Xe-LP. Meskipun sama-sama Xe, Xe-HPG bukan sekadar Xe-LP yang lebih bertenaga; arsitekturnya tidak serupa. Oh ya, Jika Anda pernah mendengar Alchemist itu adalah codename dari Xe-HPG, tepatnya Xe-HPG generasi pertama.

Gambar 1. Intel Xe-HPG render slice.

Seperti Xe-LP, Xe-HPG juga mengelompokkan sejumlah Xe-core ke dalam slice yang disebut render slice. Setiap render slice secara default mengandung empat Xe-core. Selain itu, setiap render slice secara default juga mengandung empat ray tracing unit, empat sampler, satu geometry pipeline, satu rasterization pipeline, dan dua pixel backend. Lebih jelasnya lihat Gambar 1. Adapun jumlah render slice maksimum pada Xe-HPG adalah delapan. Lebih jelasnya, lihat Gambar 2.

Perbedaan antara Intel Arc 3, Intel Arc 5, dan Intel Arc 7 salah satunya adalah pada jumlah render slice yang digunakan. Intel Arc A350M sendiri kelihatannya menggunakan dua render slice, tetapi tidak semua Xe-core-nya aktif. Kehadiran Intel Arc A370M dan Intel Arc A350M pun sekaligus menandai mulai hadirnya produk-produk yang menggunakan Xe-HPG.

Gambar 2. Render slice maksimum pada Intel Xe-HPG.