LINE Indonesia baru-baru ini di Jakarta menyampaikan kembali merilis LINE Ramadan di tanah air. Hadirnya kembali layanan tahunan LINE Ramadan bersangkutan tentunya dalam rangka Ramadan tahun 2022 yang mulai berlangsung. Mengambil tema "NYINYIRIN KEBAIKAN" (Nyari-nyari Rezeki dalam Kebaikan) LINE Ramadan hadir dengan salah satu fitur utama yang disebut THR (Treasure Hunt Ramadan) yang memiliki konsep pencarian harta karun sejalan dengan tema yang diusung. Terdapat juga satu fitur utama lain yakni SiLINEturahmi untuk mempererat silahturahmi.
“LINE Ramadan tahun ini menghadirkan Treasure Hunt Ramadan dan SiLINEturahmi, di mana kami menggabungkan elemen game berkonsep pencarian harta karun dan cerita bersambung untuk Treasure Hunt Ramadan serta kuis interaktif yang dapat menguji kadar persahabatan pengguna untuk SiLINEturahmi,” jelas Trisiska Hapsari (Lead PR & Marketing LINE Indonesia).
“Dengan tema NYINYIRIN KEBAIKAN yang berarti nyari-nyari Rezeki dalam kebaikan, kami berharap dua fitur baru tersebut juga dapat melengkapi fitur andalan LINE Ramadan yang telah ada seperti Pengingat Salah dan Doa Harian yang selalu menjadi favorit pengguna. Kami berharap keunggulan digital yang dimiliki oleh LINE ini dapat terus memberikan kebaikan dan memudahkan kegiatan sehari-hari para pengguna,” tambah Trisiska Hapsari.
LINE menambahkan bahwa THR adalah bentuk pengembangan dari kuis yang dilakukan LINE pada tahun-tahun sebelumnya. THR Menggabungkan gim dengan konsep pencarian harta karun dan cerita bersambung.
Pada THR terdapat tiga karakter, yaitu Baran, Rama dan Ine. Ketiganya akan menemani pengguna selama tiga puluh hari. Cerita bersambung yang disampaikan setiap hari bisa diikuti melalui berbagai teka-teki dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Adapun hadiah yang bisa diperoleh dari LINE adalah iPhone, TV, e-money, dan lainnya
THR dibagi ke dalam tiga musim selama Ramadan dan setiap musim akan digelar selama sepuluh hari. Pengguna yang baru hendak mengikuti bisa berpartisipasi tanpa merasa ketinggalan dengan mengikuti musim kedua maupun ketiga.
“THR menantang para pengguna di Indonesia untuk menjawab teka-teki dengan tingkat kesulitan berbeda. Di setiap akhir periode cerita, pengguna berkesempatan untuk memenangkan hadiah menarik. THR menyediakan cara baru bagi pengguna LINE untuk menunggu waktu berbuka dengan menyenangkan dan tentunya berhadiah,” kata Wildan Anky Putra (Lead Product Manager LINE Indonesia).
Sementara, SiLINEturahmi adalah kuis interaktif, yang seperti telah disebutkan LINE, bertujuan untuk mempererat silaturahmi secara daring. Tentunya bisa dimainkan oleh beberapa orang secara sekaligus, para pengguna akan disuguhi oleh aneka macam pertanyaan yang harus dijawab serentak dalam satu waktu tertentu.
Pertanyaan-pertanyaan yang disuguhkan merupakan pertanyaan yang mengarah kepada seberapa jauh pengguna mengenal teman atau keluarganya. Pada bagian akhir, para pengguna bisa mengetahui nilai kedekatan antarmereka. SiLINEturahmi dapat dimainkan secara berulang-ulang tanpa ada batas maksimal. Untuk satu kali bermain, SiLINEturahmi bisa dimainkan sampai enam pemain. Jika pengguna mengulang permainan, mereka akan mendapatkan pertanyaan yang berbeda yang diberikan secara acak.“SiLINEturahmi memberikan cara baru bagi pengguna LINE dan pengguna secara umumnya untuk tetap dekat dengan teman-teman mereka selama bulan Ramadan secara online. SiLINEturahmi dapat menjadi tujuan berikutnya bagi pengguna LINE Ramadan setelah mereka bermain Treasure Hunt Ramadan di LINE,” kata Syapira, Product Manager LINE Indonesia.
“Di akhir pertanyaan, mereka akan mendapatkan hasil yang menunjukkan seberapa dekat dan seru pertemanan mereka. Meskipun ditujukan untuk mengukur tingkat suatu pertemanan secara menyenangkan, siLINEturahmi juga dapat dimainkan bersama keluarga atau kerabat lain,” pungkas Syapira.