Find Us On Social Media :

Mirip YouTube, TikTok Uji Coba Tombol Dislike di Kolom Komentar

By Rizal, Senin, 18 April 2022 | 09:30 WIB

TikTok

Saat ini TikTok sedang menguji salah satu fitur terbarunya tombol dislike (tidak suka) di kolom komentar sebuah video/konten ke beberapa pengguna saja.

Tombol itu memungkinkan pengguna menyatakan ketidaksetujuannya terhadap sebuah komentar dan merasa bahwa sebuah komentar tidak layak atau tidak pantas.

Sepintas kehadiran tombol dislike itu mirip dengan yang ada pada YouTube. Hal itu dikarenakan tombol dislike terlihat memiliki ikon ibu jari ke bawah dan letak posisi tombol tersebut berada di sebelah kanan penghitung jumlah like pada komen. Berbeda dengan tombol dislike milik YouTube, TikTok membuat jumlah dislike tidak terlihat.

"Kami sedang menjalankan sebuah uji coba agar pengguna bisa menilai apakah sebuah komentar tidak layak dan tidak pantas dengan tombol tersebut," ujar TikTok dikutip dari laman resmi perusahaan.

Fungsi lainnya, TikTok mengatakan perusahaan juga mengatakan kehadiran tombol baru itu membuat pengguna merasa memiliki kendali terhadap komentar yang mereka baca.

Namun TikTok menegaskan hanya mereka yang memberikan jempol ke bawah yang dapat melihat berapa jumlah dislike sebuah komentar.

"Untuk menghindari perasaan ketidak-enakan, permusuhan, dan menurunkan semangat pembuat konten dalam berkreasi," kata perusahaan.

Sebelumnya, ada cara lain supaya pengguna menunjukan rasa ketidak sukaan terhadap konten TikTok dengan cara menekan layar lama ketika video tersebut sedang diputar dan pilih not interested.

TikTok juga tidak menyebut kapan fitur tombol dislike ini akan diluncurkan secara umum.

Tambah Follower

TikTok

Saat ini TikTok menjadi salah satu platform media sosial terpopuler di dunia selain Facebook dan Instagram.

Jumlah pengguna TikTok yang banyak turut meningkatkan jumlah content creator yang rajin menyuguhkan banyak konten menarik.