Find Us On Social Media :

Begini Peran Teknologi Mampu Tingkatkan Bisnis Logistik yang Efisien

By Rizal, Rabu, 20 April 2022 | 11:15 WIB

Soham Chokshi (CEO and Co-Founder – Shipsy)

Efisiensi rantai pasokan dan sistem logistik dapat memperkokoh sebuah bisnis. Tantangan kecil dapat memicu inefisiensi. Misalnya, sebuah toko kehabisan produk tertentu dan telah melakukan pemesanan ulang.

Namun, toko diberitahu bahwa pemasok tidak dapat mengirimkan pesanan karena penundaan produksi.

Soham Chokshi (CEO and Co-Founder – Shipsy) mengatakan tanpa rencana cadangan dan tinjauan ke masa depan, ketersediaan produk akan sangat bergantung pada pemasok tunggal ini.

"Ini dapat menyebabkan penundaan dan mempengaruhi pengalaman konsumen. Tanpa jaminan kapan produk akan tersedia, pelanggan akan mencari alternatif atau membeli item di tempat lain," katanya.

Baru-baru ini, rantai pasokan global telah mengalami penundaan besar-besaran dalam pergerakan barang akibat pandemi. Menurut laporan perdagangan tahun 2021 Komisi Ekonomi dan Sosial PBB untuk Asia dan Pasifik (UNESCAP), 73 persen responden mengalami penundaan yang signifikan dari sisi pasokan karena penutupan pabrik yang meluas, penyakit, kehilangan bakat dan keterampilan, serta sebagai gangguan pada jaringan transportasi.

Di Asia Tenggara, misalnya, kapal peti kemas mungkin harus menunggu lima hingga tujuh hari dari sebelumnya maksimal dua hari untuk membongkar kiriman di Singapura karena kemacetan pelabuhan, depot, dan gudang.

Kesenjangan dalam rantai pasokan dan logistik disorot karena titik pandemi menuju kebutuhan untuk membangun rantai pasokan yang tangguh, gesit, dan berpusat pada pelanggan.

Berikut adalah beberapa cara penting teknologi rantai pasokan dan manajemen logistik dapat meningkatkan hasil bisnis:

Meningkatkan Transparansi Logistik

Industri rantai pasokan berjalan dengan margin tipis. Setiap keterlambatan logistik dapat mengalirkan proses rantai pasokan. Dengan demikian memiliki visibilitas penuh atas pergerakan barang sangat penting.

"Untuk memperkuat rantai pasokan mereka, pelaku bisnis perlu mengetahui di mana barang mereka berada pada waktu tertentu. Mereka juga harus dapat melacak produk dari titik A ke B," ujarnya.

 Meningkatkan Kolaborasi Antar Pemangku Kepentingan Rantai Pasokan