Find Us On Social Media :

Devina Ekawati: Tertarik Machine Learning Hingga Berlabuh di Traveloka

By Rafki Fachrizal, Kamis, 21 April 2022 | 13:45 WIB

Devina Ekawati, Senior Machine Learning Engineer, Traveloka.

Kebutuhan akan talenta digital di tanah air kini semakin tinggi lantaran semakin banyaknya perusahaan yang melakukan transformasi digital dan lahirnya startup (perusahaan rintisan) yang menghadirkan inovasi untuk menjawab berbagai kebutuhan masyarakat.

Tak heran, banyak jenis profesi baru terkait bidang digital yang bermunculan dan dibutuhkan. Salah satunya yakni profesi Machine Learning Engineer.

Apa sebenarnya profesi tersebut? Machine Learning Engineer adalah profesi di bidang TI (Teknologi Informasi) yang berfokus pada penelitian, perancangan, dan pembuatan sebuah program dan algoritme untuk sistem AI (Artificial Intelligence) sehingga memungkinkan sebuah mesin mengambil tindakan tanpa arahan manusia.

Jadi, mesin tersebut akan memiliki kemampuan untuk belajar secara otomatis dari data dan pengalaman tanpa harus diprogram ulang.

Salah satu contoh sosok talenta muda di tanah air yang berprofesi di bidang tersebut adalah Devina Ekawati.

Ia merupakan Machine Learning Engineer di perusahaan lifestyle superapp terkemuka yaitu Traveloka.

Dalami Bidang Teknologi Sejak di Bangku Kuliah

Ketika seseorang ingin menguasai suatu kemampuan secara mendalam, tentu harus mengasah kemampuan tersebut sejak lama. Hal itulah yang dilakukan Devina.

Ia mengungkapkan bahwa antusiasmenya mendalami Machine Learning sudah sejak lama dan didasari oleh kecenderungannya untuk mengeksplorasi hal-hal baru.

Sebagai seorang pemikir yang unik, Devina terus menantang dirinya untuk mempelajari teknologi baru untuk meningkatkan kemampuannya di bidang TIK.

Devina mengawali perjalanan di bidang teknologi sebagai seorang mahasiswa Teknik Informatika di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Ia mengaku pernah berpengalaman untuk memberikan kursus dan melakukan penelitian terkait Artificial Intelligence sebagai asisten laboratorium Graphics and Artificial Intelligence ITB hingga ia lulus di tahun 2017.

Selama berkuliah S1, Devina mulai mengambil kesempatan yang lebih besar dengan menjadi intern (magang) di bidang Software Engineer dan mengembangkan aplikasi seluler untuk Android.