Find Us On Social Media :

Dell Perluas Solusi Edge untuk Ritel, Apa Saja Kemampuan Barunya?

By Liana Threestayanti, Rabu, 27 April 2022 | 17:00 WIB

Ilustrasi Kegiatan Berbelanja

Dell Technologies (Dell) memperluas solusi edge-nya untuk membantu para pelaku usaha ritel meraih lebih banyak manfaat dan menghadirkan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Studi terbaru 451 Research, salah satu bagian dari S&P Global Market Intelligence, mengungkapkan bahwa 77% peritel berencana untuk meningkatkan penggunaan edge secara signifikan dalam dua tahun ke depan demi pengalaman pelanggan yang lebih baik. 

Namun, Dell mengingatkan, bahwa tanpa pendekatan holistik, teknologi-teknologi baru yang diterapkan di cakupan geografis dan lokasi yang luas akan berujung pada solusi yang kompleks dan terpisah-pisah (silo). Hal ini akan membuat peritel harus merogoh kocek lebih dalam untuk biaya manajemen TI.  

Senior Vice President, Edge Solutions, Dell Technologies, Gil Shneorson, melihat para pebisnis ritel semakin mengandalkan teknologi TI dan data di level edge untuk menghadirkan pengalaman pelanggan yang lebih cerdas dan personal. Hal ini, menurut Gil, secara signifikan meningkatkan kebutuhan untuk menyatukan teknologi yang sebelumnya terpisah-pisah. 

“Dell membantu peritel untuk dengan mudah mengkonsolidasikan teknologi-teknologi tersebut agar mereka bisa menganalisa data di tempat data itu dibuat,  mempercepat pengambilan keputusan, dan menghadirkan pengalaman positif di toko bagi pembeli dan karyawan,” ujarnya.  

Kemampuan baru yang diumumkan ini dijanjikan Dell akan menyatukan berbagai teknologi edge sehingga peritel bisa dengan mudah mengelola dan mengembangkan infrastruktur dari pusat data ke edge sesuai kebutuhan. 

Peritel disebut Dell juga lebih mudah meluncurkan aplikasi in-store dan aplikasi digital Artificial Intelligence yang dikembangkan para mitranya untuk menghadirkan pengalaman berbelanja yang lebih baik. 

Dell Validated Design for Retail Edge menyederhanakan dan mengkonsolidasikan infrastruktur dan berbagai aplikasi edge ritel ke dalam satu stack infrastruktur tunggal untuk penyebaran (deployment), pengelolaan, dan pemberian dukungan yang efisien. 

Dengan terintegrasinya VMware Edge Compute Stack, solusi ini menyediakan satu tampilan tunggal pengelolaan edge IT yang ada di semua lokasi ritel. Sistem ini akan memantau kondisi kesehatan sistem, membangun dan mengelola berbagai aplikasi di edge dan membantu pengembangan ke lokasi-lokasi tambahan sesuai kebutuhan.

Berkat kerja sama dengan Deep North dan platform analisis video cerdasnya, solusi ini juga mendukung aplikasi berbasis AI yang akan membantu peritel memanfaatkan insight dari data.

Langkah ini akan membantu peritel meningkatkan pengalaman pelanggan ketika berbelanja di toko dengan misalnya mengoptimalkan penempatan produk, mencegah kehilangan produk, memonitor inventaris, membantu pembeli menghindari antrean checkout yang panjang, dan mengarahkan karyawan ke lokasi toko yang membutuhkan bantuan.

“Solusi edge dari Dell ini bisa membantu para peritel, baik peritel kecil hingga besar, mendapatkan akses yang lebih cepat dan mudah ke wawasan secara real-time untuk membantu toko-toko tersebut bisa beroperasi dengan cara-cara yang lebih cerdas untuk menghadirkan pengalaman pelanggan yang lebih baik,” ucap Dave McCarthy, Research Vice President, Cloud and Edge Infrastructure Services, IDC.