Find Us On Social Media :

Teardown POCO M4 Pro: Melihat Bagian Dalam dari Smartphone Baru POCO

By Cakrawala, Rabu, 4 Mei 2022 | 10:00 WIB

Bagian dalam dari POCO M4 Pro hasil sesi teardown yang digelar belum lama ini di Jakarta.

POCO telah meluncurkan M4 Pro di tanah air pada akhir Maret 2022 lalu. POCO mengeklaim M4 Pro hadir dengan sejumlah fitur yang membuatnya bisa menjawab kebutuhan kawula muda, khususnya Gen Z, yang menginginkan untuk selalu bisa menikmati konten-konten hiburan dengan nyaman plus bekreasi membuat konten-konten yang dimaksud. Sejumlah fitur yang dikedepankan POCO pada smartphone barunya itu antara lain kinerja bagus dan stabil, kamera lengkap, serta baterai besar dengan isi ulang cepat.

Nah, belum lama ini di Jakarta, POCO pun melakukan sesi teardown alias sesi pembongkaran dan menunjukkan sejumlah komponen dari M4 Pro yang setidaknya merupakan bagian dari fitur yang dikedepankan tadi. Melaluinya POCO berharap masyarakat Indonesia bisa melihat bagian dalam dan mengenal lebih jauh M4 Pro. Adapun teardown POCO M4 Pro yang dilakukan antara lain berfokus pada SoC dan memori, pendingin, kamera, serta baterai.

SoC dan Memori

SoC MediaTek dan uMCP SK hynix yang terpasang pada mainboard dari POCO M4 Pro.

Lebih jelasnya SoC MediaTek dan uMCP SK hynix yang terpasang pada POCO M4 Pro.

POCO M4 Pro hadir dengan SoC MediaTek Helio G96 yang ditemani memori utama 6 GB atau 8 GB. SoC MediaTek Helio G96 yang CPU-nya mengandung dual core Arm Cortex-A76 dan hexa core Arm Cortex A55 plus GPU-nya berupa Arm Mali-G57 MC2, serta memori utama LPDDR4X 6 GB atau LPDDR4X 8 GB; sudah menawarkan kinerja yang bagus untuk berbagai aplikasi, termasuk ketika membuka beberapa aplikasi sekaligus alias multitasking. Terlihat SoC MediaTek dan uMCP (UFS-based multichip package) SK hynix yang terpasang pada mainboard dari POCO M4 Pro. Selain memori utama, SK hynix uMCP sewajarnya mengandung media simpan UFS 2.2 yang dalam hal ini berkapasitas 128 GB atau 256 GB.

Pendingin

LiquidCool Technology 1.0 Plus pada POCO M4 Pro.

POCO mengeklaim M4 Pro menggunakan pendigin yang disebut LiquidCool Technology 1.0 Plus sehingga bisa menjaga suhu dari smartphone ini, termasuk saat melakukan pengisian ulang energi baterai secara cepat. Suhu yang terjaga bisa membantu komponen seperti SoC untuk tetap berjalan pada frekuensi kerja alias clock maksimum alias tidak mengalami throttling yang menurunkan kinerja. Dengan kata lain, LiquidCool Technology 1.0 Plus bisa membantu POCO M4 Pro memiliki kinerja yang stabil. Terlihat LiquidCool Technology 1.0 Plus yang digunakan POCO M4 Pro.