Find Us On Social Media :

Intel Luncurkan Intel Core Generasi Ke-12 Terbaru, Intel Alder Lake HX

By Cakrawala, Selasa, 17 Mei 2022 | 19:00 WIB

Ilustrasi Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake HX.

Pada Intel Vision 2022 yang digelar di Texas, Amerika Serikat minggu lalu, Intel meluncurkan seri terbaru dari prosesor Intel Core Generasi ke-12 untuk mobile alias laptop dan 2 in 1 di dunia. Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake HX tersebut melengkapi lini prosesor Intel terkini untuk mobile. Sebelumnya, Intel telah meluncurkan Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake H, Intel Alder Lake P, dan Intel Alder Lake U. Kala itu, Intel Alder Lake H merupakan seri tertinggi. Ditujukan untuk workstation mobile, seri tertinggi kini menjadi disandang Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake HX. Terdapat tujuh SKU (stock keeping unit) Intel Alder Lake HX yang disampaikan kehadirannya, mulai dari Intel Core i9 sampai Intel Core i5, dengan varian tertinggi adalah Intel Core i9-12900HX dan Intel Core i9-12950HX. Lengkapnya lihat Tabel 1.

Bila Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake H memiliki P-core alias core CPU untuk kinerja sampai enam, Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake HX memiliki P-core sampai delapan. Sementara, untuk E-core alias core CPU untuk efisiensi, serupa dengan sebelumnya, Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake HX memiliki E-core sampai delapan. Tak hanya P-core yang bisa lebih banyak, Intel Alder Lake HX juga memiliki maximum turbo power yang lebih tinggi dari Intel Alder Lake H. Intel Core Generasi ke-12 seri terbaru ini memiliki maximum turbo power sebesar 157 W. Sementara, Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake H memiliki maximum turbo power sampai 115 W. Base power-nya sendiri, Intel Alder Lake HX memiliki base power yang "sedikit" lebih tinggi dari Intel Alder Lake H, yakni 55 W dan bukannya 45 W.

Tabel 1. Daftar ketujuh SKU Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake HX yang diumumkan.

Adapun untuk mencapai peningkatan yang ditawarkan, Intel menyebutkan Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake HX menggunakan silikon berkaliber desktop dalam kemasan mobile-nya — bisa dibilang Intel Alder Lake S yang diadaptasi ke kemasan untuk mobile. Alhasil, Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake HX lebih menyerupai Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake S. Intel Alder Lake HX misalnya mendukung PCI Express 5.0, tetapi tidak mengintegrasikan Thunderbolt 4. Intel Alder Lake H secara resmi belum mendukung PCI Express 5.0, tetapi mengintegrasikan Thunderbolt 4. Contoh lain adalah PCH; Intel Alder Lake HX membutuhkan PCH tambahan, sedangkan Intel Alder Lake H sudah menyertakan pada paketnya. Lebih jelasnya bila lihat Gambar 1. Mengenai Intel Alder Lake S bisa dilihat di sini dan di sini.

“Jadi, hari ini, saya sangat bersemangat untuk mengumumkan peluncuran dari prosesor workstation mobile Generasi ke-12 Intel Core HX kami,” sebut Michelle Johnston Holthaus (Executive Vice President dan General Manager, Client Computing Group, Intel). Ia adalah produk final kami pada keluarga Generasi ke-12 kami. Ia diciptakan untuk para profesional yang membutuhkan performa maksimal dan fleksibilitas. Ia menawarkan performa sampai 16 core dan kecepatan sampai 5 GHz yang menghantarkan performa tidak tertandingi," tambahnya.

Gambar 1a. Diagram Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake HX.

Gambar 1b. Diagram Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake H.