Find Us On Social Media :

Zoho Hadirkan Zoho Marketing Plus, Satukan Aneka Aktivitas Pemasaran

By Cakrawala, Kamis, 19 Mei 2022 | 19:00 WIB

Ilustrasi Zoho Marketing Plus.

Zoho Corporation beberapa waktu lalu di Indonesia mengumumkan kehadiran Zoho Marketing Plus. Zoho menyebutkan platform barunya ini merupakan suatu platform terpadu yang menyatukan aneka kegiatan pemasaran, mulai dari pembuatan ide, pembuatan aset, eksekusi, manajemen, sampai pengukuran hasil dari suatu kampanye. Zoho Marketing Plus memberikan seluruh stakeholder pemasaran sebuah tampilan tunggal akan berbagai informasi kritis untuk meningkatkan kolaborasi dan hasil. Zoho mengeklaim Zoho Marketing Plus meningkatkan efektivitas dari strategi pemasaran digital berhubung memberikan pemahaman yang lebih mendalam akan konsumen sehingga pemasar bisa memberikan pengalaman kepada konsumen secara lebih baik.

“Kompleksitas data serta personalisasi dalam skala besar menambah ekspektasi pada pemasar dan CMO [chief marketing officer] untuk membawakan kampanye pemasaran serta keuntungan yang efektif. Hal tersebut juga menyulitkan pengelolaan beberapa kampanye pemasaran, saluran, profil pelanggan, data, dan ROI (return on investment) dengan benar,” ujar Gibu Mathew (GM dan VP Zoho APAC). “Dengan menghilangkan redundancy dan kebingungan yang timbul dari beberapa solusi yang terpisah, Zoho Marketing Plus memaksimalkan produktivitas dan kerja tim, memungkinkan pemasar memberikan kampanye kreatif yang mendorong hubungan bermakna antara merek dengan pelanggan,” tambahnya.

Terdapat tujuh hal yang dikedepankan Zoho pada Zoho Marketing Plus. Ketujuhnya adalah peningkatan kolaborasi lintas kampanye, manajemen proyek yang disederhanakan, pembuatan dan penyimpanan aset digital terpadu, kemampuan automasi pemasaran yang kuat, keterlibatan multisaluran, dukungan integrasi, pengukuran secara akurat dan real-time.

Peningkatan Kolaborasi Lintas Kampanye

Tim pemasaran bisa dengan mudah terhubung dan berkolaborasi dalam berbagai proyek secara bersamaan sehingga membolehkan suatu pengguna membuat, mengelola, melaksanakan, dan memantau aktivitas setiap individu plus melacak kemajuan setiap pekerjaan dan aset merek. Zoho pun menambahkan Zoho Marketing Plus menyediakan creative suite yang kuat sehingga menenagai tim untuk mengembangkan dan meningkatkan aset melalui kolaborasi.

Manajemen Proyek yang Disederhanakan

Zoho Brand Studio meniadakan kebutuhan akan solusi terpisah dengan cara menyediakan ruang kerja terpusat; tempat kampanye pemasaran dapat diciptakan dan dikelola secara langsung. Pengguna dapat memperkuat merek, mengawasi semua strategi dan kemajuan pemasaran, dari satu platform terpadu tunggal.

Pembuatan dan Penyimpanan Aset Digital Terpadu

Dokumen, presentasi, lembar kerja, video, dan berkas lainnya dapat disimpan dalam satu ruang bersama. Cara ini membuat aset mudah ditemukan, digunakan kembali, atau dibagikan. Kemampuan pencarian berbasis ML (machine learning) menyederhanakan usaha tim dalam pencarian berkas secara cepat dan akurat.

Kemampuan Automasi Pemasaran yang Kuat

Zoho Marketing Plus diklaim mampu dengan tepat melacak data keterlibatan dan respons pelanggan. Dengan bantuan analisis berbasis AI (artificial intelligence), data tersebut digunakan untuk memberikan tim pemasaran insight sehingga bisa memperbaiki perjalanan mereka dari waktu ke waktu.

Keterlibatan Multisaluran

Pelanggan masa kini berpindah antara saluran maupun gawainya secara teratur. Zoho Marketing Plus memungkinkan tim pemasaran mengakses dan mengelola semua saluran, mendorong koneksi yang lebih baik dengan pelanggan dan keterlibatan merek, serta menjembatani alat pemasaran tradisional yang terpisah. Kampanye melalui e-mail, media sosial, survei pelanggan, webinar, acara, dan banyak lagi dapat dibuat dan dikelola dari satu antarmuka tunggal.

Dukungan Integrasi

Zoho Marketing Plus mendukung integrasi yang kuat dengan solusi pihak ketiga untuk memudahkan pengguna berbagi data dan insight jika diperlukan. Misalnya, tim penjualan dapat menghubungkan insight dari Zoho CRM ke sistem yang ada seperti Salesforce, Microsoft Dynamics, dan HubSpot untuk mengukur seberapa banyak biaya pemasaran yang dikeluarkan yang telah menghasilkan penjualan.

Pengukuran Secara Akurat dan Real-Time

Zoho Marketing Plus mendukung agregasi dan analisis data secara real-time. Hal ini menghadirkan business intelligence yang membantu tim pemasaran menentukan ROI pemasaran yang sebenarnya. Lebih jauh lagi, integrasi mendukung pemahaman yang lebih akurat tentang efek terhadap pelanggan, ROI, dan proyeksi pertumbuhan pendapatan.