Find Us On Social Media :

Tips Menjaga Keamanan Data Digital saat Bekerja Jarak Jauh

By Rizal, Senin, 30 Mei 2022 | 12:00 WIB

Kaspersky

Ketika dunia mulai pulih dari penguncian sosial, banyak perusahaan bertekad untuk membawakaryawannya kembali ke kantor. Untuk beberapa perusahaan, seperti Apple, keputusan inimenyebabkan tingkat ketidakpuasan yang tinggi di antara karyawan dan bahkan hilangnya pekerja esensial.  

Gelombang baru pandemi memaksa penyesuaian lebih lanjut pada rencana perusahaan. Akibatnya, penerapan kembali ke cara kerja yang sepenuhnya in-house kian digaungkan ke masadepan.Mayoritas karyawan telah beradaptasi dengan teleworking dan banyak yang merasa lebih baik bekerja dari rumah. 

Dengan tingkat kepuasan karyawan yang lebih tinggi, pekerjaan jarak jauh yang terorganisirdengan baik berpotensi meningkatkan hasil bisnis yang efektif. Jadi bagaimana seharusnya bisnismenyesuaikan taktik manajemen mereka untuk menangani kenyataan baru ini dalam jangka panjang?

Para eksekutif Kaspersky berbagi wawasan mereka dan kiat-kiat terbukti yang digunakan untuk menjalankan tim multinasional, jarak jauh, dan hibrida secara efisien. Evgeniya Naumova, Wakil Presiden Eksekutif di Kaspersky, dan pemimpin tim yang terdiri dari lebihdari 670 karyawan, menemukan bahwa kolaborasi online membuka perspektif baru untukdepartemennya: 

“Terlepas dari semua tantangan, tim saya berhasil mengakhiri tahun pandemi dengancatatan positif disertai hasil yang lebih baik dari yang kami capai di tahun-tahun sebelumnya,” komentar Evgeniya.

“Bahkan setelah beralih ke pekerjaan jarak jauh, perusahaan masih mencapai pertumbuhandua digit pada tahun 2020 di beberapa aliran. Di perusahaan, yang merupakan segmen bisnis utama(dan paling menantang), penjualan tumbuh sebesar 23% dibandingkan dengan tingkat sebelum pandemi.

”Sergey Soldatov, Kepala Pusat Operasi Keamanan di Kaspersky, setuju bahwa kerja jarak jauh dapat menghasilkan pencapaian baru dibandingkan kesulitan, bila dikombinasikan dengan persiapanyang sudah mapan: “Kami terus menilai produktivitas SOC, dan kami menemukan bahwa apa punmode mereka bekerja, efisiensi seseorang dalam peran terus meningkat. Pekerjaan jarak jauh bukanlahtantangan bagi kami, dan itu tidak akan menjadi masalah bagi perusahaan mana pun dengan prosesyang matang. Saya yakin bahwa pekerjaan jarak jauh adalah ujian yang baik untuk kematangan danefektivitas proses”.

Berikut adalah kiat-kiat yang terbukti di lapangan dari para eksekutif Kaspersky yang dapat membantu para manajer meningkatkan produktivitas tim jarak jauh.

1. Pekerjakan orang-orang yang memiliki motivasi diri untuk berbagi nilai-nilai perusahaan Anda,menikmati pekerjaan mereka, dan memajukan perusahaan. Ini mempromosikan pembangunantim dan memungkinkan Anda memercayai para pekerja tanpa harus mengikuti mereka denganstopwatch.

2. Memungkinkan karyawan untuk fokus pada area di mana mereka menunjukkan efisiensi danantusiasme terbesar. Biarkan karyawan mengekspresikan diri dan berbagi tugas di antara timyang berbeda, sehingga anggota tim memahami dan mempelajari proses baru.

3. Hindari manajemen mikro. Percayai dan mendukung cara mereka bekerja dengan baik tanpaterlalu mengontrol. Pekerjaan harus dinilai dari hasil yang terukur, bukan dari jam yangdihabiskan untuk mengerjakan tugas.

4. Meningkatkan tingkat kematangan proses bisnis. Bangun metrik yang memungkinkan Andamenilai hasil tim Anda berdasarkan nilai yang mereka sumbangkan