Find Us On Social Media :

Wow! Samsung Kembangkan Exynos Generasi Terbaru dengan Fabrikasi 3nm

By Rizal, Rabu, 1 Juni 2022 | 09:30 WIB

Samsung Exynos 2200

Samsung sedang mengembangkan chipset flagship terbaru berkode Quadra yang dirancang dengan fabrikasi 3nm.

Pembocor ulung Roland Quandt mengungkapkan SoC Exynos Samsung memiliki “Quadra” dan akan menjadi penerus Exynos 2200 yang memiliki kode Pamir.

Exynos 2200 sendiri hadir bersama dengan Galaxy S22, Galaxy S22+, dan Galaxy S22 Ultra. Chipset Quadra mungkin secara resmi akan dikenalkan Samsung sebagai Exynos 2300.

Meski demikian, belum diketahui spesifikasi dan peningkatan performa yang dimiliki Eynos 2300 seperti dikutip GSM Arena.

Informasi yang beredar, Exynos 2300 dirancang berdasarkan proses fabrikasi 3nm GAA dan akan menampilkan core CPU ARM terbaru.

Kabarnya bahkan akan berbasiskan pada GPU Xclipse yang diperbarui menggunakan GPU Radeon terbaru AMD.

Rencananya, Samsung akan memproduksi chipset Exynos 2300 mulai akhir tahun ini. Dikabarkan bahwa Samsung telah menyiapkan tim yang terdiri dari sekitar 1.000 karyawan yang ditugaskan untuk membangun chip khusus baru secara keseluruhan, yang dapat digunakan pada Galaxy S25 pada tahun 2025.

Keunggulan Exynos 2200

Samsung Exynos 2200

Samsung Electronics mengumumkan prosesor seluler premium barunya, Exynos 2200. Exynos 2200 merupakan prosesor seluler yang baru dirancang dengan Samsung Xclipse graphics processing unit (GPU) berbasis arsitektur AMD RDNA 2.

Dengan core CPU berbasis Arm paling mutakhir yang tersedia di pasar saat ini dan neural processing unit (NPU) yang ditingkatkan, Exynos 2200 diklaim mampu menghadirkan pengalaman terbaik bermain game di smartphone, serta meningkatkan pengalaman keseluruhan dalam aplikasi media sosial dan fotografi.

“Dibangun dengan proses EUV (extreme ultraviolet lithography) 4-nanometer (nm) paling canggih, dan dikombinasikan dengan teknologi seluler, GPU, dan NPU mutakhir, Samsung telah mengembangkan Exynos 2200 untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna smartphone,” kata Yongin Park (President of System LSI Business, Samsung Electronics).