Find Us On Social Media :

Perhatikan Enam Hal Ini Ketika Memilih Layanan Cloud Storage

By Liana Threestayanti, Jumat, 10 Juni 2022 | 18:30 WIB

Ilustrasi cloud storage

Layanan penyimpanan data di cloud, atau cloud storage, kian diminati saat ini, baik untuk keperluan personal maupun bisnis. Tak heran jika ada banyak penyedia layanan ini di pasaran. Nah, apa saja sih yang harus diperhatikan dalam memilih layanan cloud storage?

Statista mencatat, sampai dengan tahun 2022, lebih dari 60 persen data korporasi secara global tersimpan di cloud, atau meningkat 30 persen dari tahun 2015. 

Angka itu diperkirakan Statista akan terus tumbuh seiring langkah banyak perusahaan untuk mengalihkan sumber dayanya ke lingkungan cloud. Hal ini ditempuh perusahaan demi keamanan dan keandalan dalam rangka meningkatkan kelincahan bisnis.

Data lain memperlihatkan, sampai dengan 2018, Google Drive telah digunakan oleh satu miliar pengguna. Sebagai informasi, Google Drive merupakan layanan cloud storage yang terbanyak digunakan orang (94,4%) di seluruh dunia. 

Layanan lainnya yaitu, Dropbox, menduduki posisi kedua (66,2%) sebagai cloud storage paling banyak digunakan di dunia. Dropbox memiliki registered user sebanyak 700 juta, menurut laporan keuangan perusahaan tahun 2020.

Angka tersebut setidaknya memberikan gambaran akan minat masyarakat terhadap penyimpanan data di cloud.

Manfaat Cloud Storage

Kemampuan menyimpan dokumen dan media di cloud atau daring (online) adalah salah satu kenyamanan di era internet saat ini. Layanan ini memungkinkan kita berbagi dan mengakses file dari mana saja. 

Di era kolaborasi dan praktik kerja mobile yang diterapkan banyak perusahaan dan organisasi sepert saat ini, layanan cloud storage memiliki peran penting. Tanpa cloud storage, kolaborasi berpotensi memicu kerepotan dan kompleksitas. Misalnya, kita harus membuat beberapa salinan dokumen dan memberinya nama yang berbeda agar bisa memeriksa setiap perubahan yang dibuat tiap orang.

Ditambah lagi kita juga harus bisa menelusuri versi dari dokumen di komputer kita sendiri, termasuk mengirimnya via surel ke orang-orang yang berkolaborasi dengan dokumen tersebut.

Nah, layanan penyimpanan (storage) dan sinkronisasi file di cloud memungkinkan kita mengakses berbagai jenis data di mana saja dan kapan saja. Dan yang terpenting lagi, data itu juga bisa diakses oleh pengguna lain untuk berkolaborasi.  Dan setiap ada perubahan pada data akan dicatat oleh sistem cloud storage.

Layanan ini juga relatif lebih aman karena umumnya penyedia cloud storage telah menggunakan standar-standar keamanan berkelas internasional. Dan ketika kita melakukan sinkronisasi file di cloud, sistem akan serta merta membuatkan cadangan atau backup. Kemudian, dengan meletakkan file di cloud, ruang penyimpanan di perangkat kita akan lebih lega.