Find Us On Social Media :

Lima Contoh Penerapan Artificial Intelligence Ini Ada di Smartphone

By Liana Threestayanti, Senin, 13 Juni 2022 | 16:30 WIB

Ilustrasi AI di smartphone

Berkat peran Artificial Intelligence (AI) smartphone yang sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari keseharian kita akan semakin cerdas. Apa saja contoh penerapan atau pemanfaatan AI di smartphone?  

Artificial Intelligence (AI) telah menulangpunggungi berbagai aplikasi inovatif di bidang industri, seperti otomotif, manufaktur, kimia, dan sebagainya. Kini, peran AI juga mulai menjadi pusat perhatian para pelaku di industri smartphone. Peran AI di ponsel cerdas akan semakin berkembang, tak hanya sebagai digital assistant.  

Gartner memprediksi, fitur Artificial Intelligence akan menjadi pembeda produk yang penting bagi produsen smartphone karena akan membantu produsen mendapatkan pelanggan baru dengan tetap mempertahankan pengguna saat ini. 

Firma riset global ini juga menyebutkan, saat ini pasar ponsel cerdas sedang beralih dari “menjual produk teknologi” menjadi “menghadirkan pengalaman menarik dan terpersonalisasi”. Solusi AI di ponsel cerdas pun tak pelak akan menjadi bagian penting dalam roadmap vendor selama dua tahun ke depan.

Gartner memprediksi, di tahun 2022 ini, 80 persen dari smartphone yang dikapalkan akan menyandang kemampuan on-device AI. Lima tahun lalu, persentase itu baru mencapai 10 persen. Umumnya dijumpai pada perangkat kelas premium, on-device AI dapat memberikan perlindungan data dan power management yang lebih baik daripada AI yang sepenuhnya berbasis cloud karena data diproses dan disimpan di perangkat (lokal). 

Apa saja bentuk pemanfaatan AI di smartphone yang bisa kita nikmati saat ini?

1. Voice assistants

Contoh paling nyata dari AI di ponsel adalah voice assistant. Jika ponsel Anda mengusung assistant, seperti Siri, Google Assistant, atau Cortana, berarti ada kecerdasan buatan di dalamnya. Pengenal suara atau voice recognition merupakan conto paling konkret dari AI. 

Asisten virtual ini juga memiliki kemampuan pemrosesan data yang luar biasa sehingga bisa membaca surel, menjelajah web, memberikan saran, menjalankan aplikasi, dan sebagainya. 

2. Foto pintar

Berkat peran AI, smartphone dapat mengasilkan foto-foto yang lebih bagus. Pasti ada peran kamera berkualitas di balik hasil yang lebih sempurna sana tapi perangkat lunak yang kian cerdas juga punya andil utama. 

3. Pengenal objek