Find Us On Social Media :

Dorong Ekonomi di Surabaya, Google Cloud Gandeng Sejumlah Perusahaan

By Liana Threestayanti, Minggu, 19 Juni 2022 | 19:35 WIB

Ilustrasi Google Cloud

Sejumlah perusahaan di Surabaya mulai mengadopsi teknologi cloud computing, terutama Google Cloud, untuk membuka peluang digital. 

Kali ini Google Cloud menggandeng Pakuwon Jati, EIKON Technology, Wings Surya, Datalabs, dan Metrodata ini dalam rangka membangun ekosistem yang akan mendukung organisasi besar maupun kecil di Jawa Timur dalam proses transformasi digital mereka.

Megawaty Khie, Country Director, Google Cloud Indonesia mengatakan bahwa Pakuwon Jati dan Wings Surya adalah contoh perusahaan yang menunjukkan secara jelas bagaimana cloud dan inovasi berbasis data dapat memberikan dampak bisnis dan ekonomi yang nyata. 

“Dengan berinvestasi dalam infrastruktur lokal dan membangun kemitraan yang kuat dengan Indosat Ooredoo Hutchison, EIKON Technology, Datalabs, dan Metrodata, Google Cloud siap membantu perusahaan, baik besar maupun kecil, di seluruh industri utama Surabaya. Kami percaya bahwa cloud akan memunculkan banyak peluang digital dan menjadi pendorong fase baru pertumbuhan dan perkembangan Jawa Timur,” imbuh Megawaty.

Pakuwon Jati, real estate developer terkemuka, telah banyak membangun infrastruktur fisik di Surabaya dalam 40 tahun terakhir, mulai dari bangunan kantor, hotel, hingga pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia. 

Dalam implementasi cloud dari Google ini, Pakuwon Jati menggandeng EIKON Technology sebagai mitra pelaksana.

Untuk mendukung kelancaran komunikasi dan kolaborasi dengan pelanggan, vendor, dan antarkaryawan, Pakuwon Jati memanfaatkan Google Workspace. 

Pakuwon Jati juga berencana memanfaatkan infrastruktur dan layanan Google Cloud, yang sejak awal didesain agar aman, mudah disesuaikan skalanya, dan telah mencapai status "zero karbon footprint", untuk modernisasi sistem Enterprise Resource Planning (ERP) yang sangat vital bagi perusahaan. 

Dengan infrastruktur lokal Google Cloud, Pakuwon Jati ingin mengoptimalkan biaya TI, mengurangi jejak karbon dari proses-proses TI, dan menerapkan standar keamanan tertinggi.

Di sektor manufaktur ada Wings Surya yang bergerak di bidang distribusi produk rumah tangga, perawatan diri, serta makanan dan minuman dalam 73 tahun terakhir.

Perusahaan inu telah menggunakan Google Workspace sejak tahun 2020. Kini, Wings Surya memperluas kolaborasinya dengan Google Cloud dan partner pelaksananya, Datalabs, untuk menjadi pemimpin di Industri 4.0.

Untuk memastikan bahwa produksi dan distribusi brand es krim populer mereka dari Glico Wings – yaitu, Haku, Waku Waku, Frost Bite, dan J-Cone – memenuhi standar ketat untuk kendali mutu dan kepuasan pelanggan, data scientist Wings Surya memanfaatkan solusi analisis data yang canggih dan AutoML Vision Object Detection dari Google Cloud untuk dapat mulai menggunakan teknologi pencitraan cerdas dalam hitungan minggu. Dengan cara ini, Wings Surya dapat mempercepat penerapan machine learning di lantai produksi. Jika tidak, perusahaan harus menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk membangun dan melatih model machine learning dari nol.