Find Us On Social Media :

Inilah Alasan HPE SimpliVity Memudahkan Inovasi

By Wisnu Nugroho, Senin, 7 Mei 2018 | 11:32 WIB

 

Ketika persaingan bisnis semakin ketat seperti sekarang, perusahaan dituntut untuk sigap melakukan inovasi. Laju kencang inovasi ini pun kemudian berimbas kepada kebutuhan infrastruktur TI yang sama lincahnya. Jangan sampai sebuah terobosan bisnis harus tertunda hanya karena infrastuktur TI yang dibutuhkan belum tersedia.

Latar belakang inilah yang menjelaskan mengapa solusi hyperconverged infrastructure (HCI) kini menjadi pilihan banyak perusahaan. Bagi Anda yang belum tahu, HCI adalah perangkat siap pakai yang memadukan compute power (server), storage, network, dan virtualisasi dalam sebuah kesatuan. Pendekatan ini berbeda dengan infrastruktur TI tradisional yang mengharuskan perusahaan membeli server, storage, dan virtualisasi secara terpisah, lalu melakukan konfigurasi untuk menjamin semua komponen tersebut berfungsi dengan baik.

Perbedaan konsep tersebut membuat HCI memiliki keunggulan tersendiri dibanding infrastruktur TI tradisional. Yang utama tentu saja kecepatan. Perusahaan bisa langsung menggunakan HCI saat itu juga (plug and play) tanpa harus mengalami kesulitan dalam proses konfigurasi. Solusi HCI juga memudahkan pengelolaan karena semua aspek pengelolaan bisa dilakukan dari satu console.

Kemudahan pengelolaan pun berefek ke efisiensi, utamanya pada sisi people. Karena tidak membutuhkan proses konfigurasi, man power yang dibutuhkan di awal proses instalasi menjadi jauh berkurang. Pada saat operasional pun, solusi HCI hanya membutuhkan satu tim. Hal ini tentu saja lebih efisien dibanding infrastruktur tradisional, ketika perusahaan membutuhkan tim berbeda untuk server, storage, dan network.

Tak heran jika popularitas HCI kini terus menanjak. Lembaga survei Market and Markets memperkirakan, pasar HCI akan mencapai US$12,6 milyar di tahun 2022, dengan CAGR mencapai 43,59% antara tahun 2016-2022.

The Leader: HPE SimpliVity

Dalam magic quadrant di segmen hyperconverged infrastructure, Gartner menempatkan HPE SimpliVity di kuadran Leader berkat keunggulan di sisi teknologi.

Saat ini, ada banyak pilihan solusi HCI di pasaran. Namun jika berkaca pada magic quadrant Gartner, HPE SimpliVity adalah solusi HCI terdepan saat ini. Pada laporan Februari 2018 kemarin, Gartner menempatkan HPE SimpliVity di kuadran Leader berkat keunggulan di sisi teknologi.

Keunggulan tersebut tercermin dari produk HCI andalan HPE, SimpliVity 380. Solusi ini mampu menghadirkan infrastruktur TI siap pakai yang cocok untuk berbagai use case, seperti konsolidasi data center, disaster recovery, VDI (Virtual Desktop Infrastructure), sampai ROBO (Remote and Branch Office).

HPE SimpliVity 380 telah menggunakan all-flash storage yang menjamin performa storage yang konsisten untuk berbagai scenario penggunaan. Storage ini juga dilengkapi hardware khusus untuk melakukan deduplikasi dan kompresi, sehingga meningkatkan efisiensi penggunaan storage secara signifikan tanpa menyebabkan penurunan performa.

HPE SimpliVity 380 juga memiliki kemampuan scale-in dan scale-out sesuai kebutuhan. Tiap node SimpliVity 380 dapat menjalankan virtual machine yang terproteksi dalam jumlah besar. Jika memiliki SimpliVity 380 di beberapa titik berbeda, Anda pun tetap bisa mengelolanya sebagai satu kesatuan.

Dengan semua kelebihan tersebut, tak heran jika HPE SimpliVity adalah pilihan HCI terbaik saat ini.