Find Us On Social Media :

Meta dan Microsoft dkk Tentukan Standarisasi Teknologi Metaverse

By Rizal, Senin, 27 Juni 2022 | 09:00 WIB

Metaverse

Perusahaan raksasa teknologi menjadikan metaverse menjadi visi masa depan perusahaan.

Kini mereka pun bersatu membentuk organisasi Metaverse Standards Forum yang fokus mengembangkan standarisasi industri metaverse terbuka

Metaverse Standards Forum terdiri dari Meta, Microsoft, Huawei, NVIDIA, Qualcomm, Sony Interactive Entertainment, Epic Games, Unity, dan Adobe.

Organisasi itu akan memfasilitasi komunikasi antara berbagai organisasi dan perusahaan yang menaruh perhatian dalam pengembangan metaverse, sekaligus mewujudkannya dengan standar yang terbuka.

Organisasi itu juga akan menggelar hackathon dan mengembangkan piranti open-source untuk mempercepat adopsi standar dalam metaverse seperti dikutip Engadget.

Sayangnya, Apple dan Google tidak tertarik bergabung dengan organisasi metaverse. Apple berambisi menjadi perusahaan terdepan di bidang metaverse dengan merilis headset VR.

Strategi Samsung

Samsung Electronics meningkatkan akselerasi penelitian dan pengembangan teknologi metaverse di masa depan.

Teknologi metaverse sendiri akan menjadi tren di masa depan, mengingat banyak perusahaan raksasa dari Google, Microsoft dan Meta terjun ke Metaverse.

Wakil Ketua Samsung Han Jong-hee menegaskan Samsung akan meluncurkan konsep dan solusi metaverse versi Samsung. Samsung fokus mengembangkan metaverse dan robotika sebagai prospek pertumbuah baru di masa depan.

"Kami akan meluncurkan perangkat dan solusi metaverse untuk memungkinkan pelanggan merasakan teknologi baru di mana pun mereka berada. Kami akan membuat metaverse versi Samsung. Silakan munculkan banyak ide dan bantu mewujudkannya," kata Han dikutip dari Yonhap.

Han juga telah membuat pernyataan serupa selama Mobile World Congress (MWC) 2022 di Barcelona, Spanyol. "Kami sedang mengerjakan perangkat metaverse. Persiapannya berjalan lancar," katanya.